Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Tunggakan Pelanggan PLN Capai Rp8 Miliar
Satiman
Satiman

Tunggakan Pelanggan PLN Capai Rp8 Miliar

Petugas Penagih Iuran Mogok

TENGGARONG – Tunggakan pemakaian listrik oleh pelanggan PLN Rayon Tenggarong mencapai Rp8 miliar lebih. Daftar pelanggan yang menunggak pembayaran listrik itu sudah tercatat di buku merah dan siap diputus jika tidak membayar hingga batas akhir tahun ini.
Kepala Rayon PLN Cabang Tenggarong, Satiman mengatakan tingginya tunggakan itu tidak hanya disebabkan kesadaran pelanggan yang rendah, tapi juga karena adanya kesalahpahaman antara PLN dan rekanan selaku penagih iuran listrik.
“Faktor utamanya karena pekerja tidak mendapatkan gaji dari pihak ketiga, sehingga mereka mogok. Tapi semua sudah kita benahi, kita juga menjalin silaturahmi yang baik dengan pekerja agar kejadian ini tidak terulang,” kata Satiman kepada Koran Kaltim, kemarin.
Satiman menjelaskan, rata-rata mereka yang menunggak tagihan listrik itu adalah pelanggan lama dengan kapasitas listrik di atas 1.300 Watt.
“Mereka pelanggan lama, masih menggunakan meteran listrik pascabayar. Pelanggan lama tidak ada keharusan mengganti KWH prabayar, itu hanya untuk pelanggan baru,” terangnya.
Satiman berharap pelanggan yang belum membayar tagihan segera menyelesaikan tunggakannya. “Kita targetkan akhir tahun semua tunggakan pelanggan selesai. Kita berharap dukungan para pelanggan. Kalau pelanggan bekerja sama dengan baik, maka kita tidak akan melakukan pemutusan, kita tetap menge-depankan toleransi,” harapnya. (ind)