Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Tunggakan PKB Kubar Capai RP8,7 M

Tunggakan PKB Kubar Capai RP8,7 M

SENDAWAR – Hingga saat ini, tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) roda 2 dan roda 4 di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mencapai Rp8,7 miliar. Angka tersebut data di bawah tahun 2015 lalu, sebanyak 1.529 unit kendaraan roda empat, dan 30.150 unit ken-daraan roda 2 yang tidak taat pa-jak. Total tunggakan itu belum termasuk tunggakan PKB Kubar tahun 2016.
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dispenda Kaltim Wilayah Kubar meminta para wajib pajak kendaraan bermotor yang ada di daerah segera melunasinya. “Kami imbau agar para wajib pajak tertunggak yang telah menerima surat piutang (tagihan) pajak kendaraan bermotornya, dengan kesadaran membayar,” kata Kepala UPTD Dispenda Kaltim Wilayah Kubar, Achmad Sarkawi ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10) di Sendawar.
Dia menjelaskan, piutang pajak kendaraan bermotor itu terbanyak mulai sebelum tahun 2015 hingga saat ini. Bahkan terbesar tunggakan adalah kendaraan roda dua yang totalnya Rp5,2 miliar. “Tunggakan kendaraan roda empat totalnya Rp3,5 milyar. Kita berharap pemilik kendaraan menyelesaikan di tahun 2016 ini. Jika lewat tahun ini, maka dendanya akan bertambah,” jelasnya.
Achmad Sarkawi menambahkan terhadap penunggak pajak kendaraan roda 4, UPTD Dispenda Kaltim telah mengirimkan sebanyak 421 lembar surat edaran. Dari 1.529 unit roda 4, sebanyak 26,18 persen surat yang sudah disampaikan Dispenda kepada pemilik atau penanggung jawab kepemilikan kendaraan.
“Diantara pemiliknya ada perorangan, juga ada korporasi atau badan usaha serta perusahaan. Kendala selama ini, banyak alamat pemilik yang tidak sah dan tak jelas, STNK tidak sama dengan fakta fisik kendaraan, serta jangkauan alamat pemilik yang jauh,” ungkapnya.
Untuk diketahui, salah satu indikator otonomi daerah (otda) berhasil jika nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) mendekati atau melebihi nilai dana perimbangan yang diberikan pusat. Salah satu obyek PAD adalah PKB. (imr)