Published On: Rab, Mei 8th, 2013

Tuntut Jatah Makanan Berujung Pemecatan

TENGGARONG – Puluhan karyawan perusahaan tambang PT Arkananta, sub kontraktor PT Kitadin, menyambangi DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), kemarin. Kedatangan karyawan tambang ini untuk meminta mediasi terkait hak-hak mereka sekaligus mempertanyakan kejelasan nasib rekan-rekan mereka yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Wakil Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) yang juga karyawan PT Arkananta, Aswandi menuturkan, karyawan PT Arkananta menuntut 3 hal kepada manajemen PT Arkananta. Yaitu, penambahana jatah makan ketika lembur, Jamsostek dan menghapuskan sistem kontrak 6 Bulan dan  menggantinya menjadi 3 bulan.
“Kami juga meminta kejelasan tentang PHK terhadap lima orang karyawan. Saya termasuk dari Lima orang yang di-PHK itu,” katanya, saat ditemui Koran Kaltim, kemarin (8/5).
Ia menuturkan, kejadian PHK bermula saat karyawan PT Arkananta melakukan unjuk rasa menyuarakan tiga tuntutan mereka tersebut. Namun, manajemen perusahaan tidak memberikan jawaban apapun. Karena itu, karyawan mengadukan hal tersebut ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar. “Setelah itu, kemudian keluar anjuran Disnakertrans yang intinya, PT Arkananta harus melaksanakan tuntutan karyawan,” ucapnya.
Namun, lanjut Aswandi, belum sempat tiga tuntutan itu dipenuhi, lima karyawan PT Arkananta kemudian di-PHK. “Ada juga bocoran, Mas, dari narasumber yang bisa dipercaya, bahwa bukan hanya lima orang yang di-PHK. Nantinya, masih ada delapan orang lagi yang menyusul akan di-PHK. Walau begitu, kami tidak takut. Kami akan tetap memperjuangkan hak kami ,” tuturnya.
Sejak pagi menggelar aksi, puluhan karyawan ini harus gigit jari. Pasalnya, manajemen PT Arkananta yang diundang untuk membahas hal tersebut tidak kunjung datang ke DPRD Kukar. “Kita akan mengudang manajemen PT Arkananta Senin (13/5) nanti untuk membahas ini,” kata Anggota Komisi I DPRD Kukar.(ami)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web