Dipublish: 14 Agustus 2013, 21:21

Ujian Garuda Muda

SYAMSIR

Timnas U-23 vs Brunei Darussalam U-23

SLEMAN – Setelah senior mereka berlaga tadi malam, Kamis (15/8) malam ini giliran timnas junior yang tergabung dalam Timnas U-23 yang akan menjajal kemampuan mereka menghadapi timnas Brunei Darussalam U-23 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta (siaran langsung RCTI mulai pukul 21.30 Wita)

Pelatih Timnas U-23 Rahmat Darmawan menegaskan kalau laga menghadapi negara serumpun ini dijadikan untuk seleksi pencarian pemain yang dipersiapkan untuk tampil pada ajang SEA Games 2013 mendatang. “Pemain harus benar-benar mengeluarkan kemampuan terbaik mereka karena ini jadi kesempatan besar untuk membela Indonesia di tingkat Asia Tenggara mendatang,” tegas RD.

RD menegaskan dirinya akan memberikan kesempatan kepada seluruh pemain untuk memperlihatkan kemampuan terbaik  mereka. Strategi menyerang diterapkan RD pada pertandingan nanti. “Saya ingin melihat pemain dari sisi individu dan kerjasama tim. Menerapkan pola menyerang saya pikir cukup bagus untuk melihat sampai sejauh mana kemampuan fisik pemain terutama saat menyerang dan bertahan,” imbuhnya. “Kondisi fisik para pemain belum seperti yang saya harapkan tapi bisa dimaklumi karena habis lebaran. Mudah-mudahan pada pertandingan besok (malam nanti) pemain bisa tampil sebaik mungkin,” harapnya

Kiper Kurnia Meiga tampaknya jadi pilihan RD di bawah mistar gawang, sementara pemain Mitra Kukar Rahmat Latif dan pemain Persiba Syakir Sulaiman kemungkinan dipasang menjaga daerah pertahanan. Irsyad Maulana dan Hendra Adibayauw akan menempati lini tengah dan pemain depan diisi Abdul Rahman Lestaluhu yang membela klub Belanda CS Visse serta Syamsir Alam. ”Yang jelas semua pemain akan saya beri kesempatan untuk turun, mungkin hanya persoalan lama di lapangannya saja,” jelas RD.

RD mengaku dirinya tidak mengetahui banyak kekuatan Brunei yang akan dihadapi malam nanti. Tapi yang jelas dirinya menegaskan focus pada tim sendiri dan tidak mau memikirkan tim lawan terlebih lagi Indonesia U-23 dalam tahap seleksi pembentukan tim.

Selain uji coba melawan Brunei, Garuda Muda sedianya berencana mengagendakan pertandingan ujicoba melawan Sleman United. Namun, rencana itu kemungkinan batal. “Setelah melawan Brunei, mereka diminta masing-masing klubnya,” kata RD.

Sementara itu, kembali mendapatkan kesempatan memakai jersey timnas Indonesia ditekadkan Syamsir Alam untuk memperbaiki kemampuannya sekaligus menjawab kritik yang kerap dialamatkan kepadanya. Syamsir menyadari persaingan untuk memperoleh satu tempat di tim SEA Games 2013 semakin ketat. Meski begitu, pemain berusia 21 tahun tersebut mengaku siap berjuang untuk menunjukKan performa terbaiknya. “Saya tentunya sangat senang mendapatkan kesempatan dipanggil timnas untuk berujicoba melawan Brunei,” ujar Syamsir Alam.

“Target tentunya ingin lebih baik lagi. Saya berharap bisa bermain bagus melawan Brunei. Bagaimana menunjukan permainan yang baik kepada pelatih,” katanya. ”Untuk itu, saya akan berusaha latihan lebih keras lagi.”

Selain supaya bisa lulus seleksi untuk membela Indonesia di SEA Games bulan Desember mendatang, Syamsir juga ingin tampil lebih baik guna menghadapi berbagai kritikan yang kerap ia terima. Termasuk kritikan yang sering ia “ladeni” di akun twitter -nya. (lbc)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger