Home >> Bontang - Kutim >> UMK Kutim Ditetapkan Rp 2,4 Juta

UMK Kutim Ditetapkan Rp 2,4 Juta

SANGATTA – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kutai Timur tahun 2017 akhirnya ditetapkan sebesar Rp2,4 juta melalui keputusan mufakat dalam rapat dewan pengupahan Kabupaten Kutai Timur.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutim, Abdullah Fauzie mengatakan, penetapan nilai UMK tersebut telah mendapat persetujuan Bupati Kutim, dan langsung langsung membuatkan surat rekomendasi kepada Gubernur Kaltim, agar memberikan surat keputusan (SK) penetapan UMK Kutim 2017.
Menurutnya, dalam penerapan nilai UMK Kutim tahun 2017, rapat yang dilakukan dewan pengupahan Kutim sama sekali tidak menemui titik kendala dalam menemukan kata mufakat.
“Walaupun UMK Kutim tahun 2017 mengalami kenaikan 8,25 persen atau sebesar Rp 2.459.327 jika dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 2.276.312, tidak dipersoalkan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kutim,” klaim Fauzie.
Lanjut Fauzie, mengatakan bahwa kenaikan nilai UMK 2017 tersebut telah melalui kajian, serta besaran biaya dan kebutuhan masyarakat, juga aturan ketenagakerjaan dan pengupahan.
“Kami sangat berharap, usulan kenaikan UMK Kutim yang telah diajukan kepada Pemprov tersebut dapat bisa segera mendapatkan pengesahan dari Gubernur Kaltim sebelum akhir desember nanti. Sehingga pada tahun depan, nilai UMK Kutim 2017 ini sudah dapat diberlakukan,” pungkasnya (sab)