Home >> Akademika >> Unmul Buka Buddy Program Angkatan Kedua
BUDDY PROGRAM : Melalui program ini mahasiswa Unmul dapat memberikan pendampingan mahasiswa asing serta mempromosikan pertukaran budaya
BUDDY PROGRAM : Melalui program ini mahasiswa Unmul dapat memberikan pendampingan mahasiswa asing serta mempromosikan pertukaran budaya

Unmul Buka Buddy Program Angkatan Kedua

SAMARINDA-Sebagai generasi muda yang mengenyam pendidikan tinggi, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif, tidak hanya dalam kemampuan berpikir secara kognitif, namun juga analitis sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Hal ini bertujuan agar universitas dapat lebih adaptif dengan berbagai keadaan dan kemungkinan yang akan terjadi. Dalam hal ini UPT. Layanan Internasional (LI) Universitas Mulawarman (Unmul) berkomitmen untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul baik di tingkat nasional maupun Internasional melalui Buddy Program.
“Buddy program merupakan pendampingan mahasiswa asing sekaligus kesempatan untuk mempromosikan pertukaran budaya dan pemahaman internasional. Dengan adanya buddy program maka mahasiswa internasional dapat terbantu untuk beradaptasi dengan kehidupan sosial dan jaringan akademik selama belajar di Unmul,” ujar Dr. Erwin, S.Hut., MP selaku ketua pelaksana Buddy Program.
Ia menjelaskan, sebelumnya telah membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa Unmul untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan membuka pendaftaran sejak tanggal 4 sampai dengan 11 Oktober lalu. “Hari ini sebanyak 36 mahasiswa merupakan yang terpilih dan lolos seleksi wawancara dari sebanyak 124 pendaftar. Mereka telah resmi menjadi mahasiswa buddy dan akan mengikuti pembinaan selama dua hari,” jelas dosen Fakultas Kehutanan Unmul ini.
Untuk diketahui, mahasiswa buddy ini merupakan angkatan kedua. Setelah sebelumnya sukses mengadakan event nasional dan internasional, pendampingan mahasiswa luar negeri dan mengikuti program internship di King Mongkut’s University Technology of Thonburi (KMUTT) Thailand.
Dalam pembukaan workshop buddy program, Selasa (18/10) Rektor yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul Dr. Encik Akhmad Syaifudin, MP hadir membuka acara di Ruang Kuliah UPT. LI Gedung Pasca Sarjana Tropica basah Lantai 3 Unmul.
Turut hadir sebagai pembicara utama, Prof. Dr. Ir. HM. Aswin, M.M selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Ia memaparkan mengenai potensi wisata dan promosi pemprov Kaltim. Menurut rencana, workshop ini akan digelar hingga esok Rabu (19/10) dengan berbagai pemaparan materi lainnya. (hms)