Breaking News
Home >> Ekonomi kaltim >> Untung Puluhan Juta dari Teh Serai
SRI LESTARI
SRI LESTARI

Untung Puluhan Juta dari Teh Serai

TENGGARONG – Sri Lestari (39) warga Kelurahan Jahab, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memulai bisnisnya dengan menjual teh serai hasil olahanya sendiri.
Sri mengatakan teh serai ini adalah minuman keluarganya, terlintas dari pikiran sri untuk membuatnya dalam jumlah yang banyak, sehingga orang lain pun bisa menikmatinya. Menurut Sri teh serai juga mengandung kasiat, untuk mencegah dan mengatasi bermacam penyakit.
Sri memulai menjalankan bisnisnya di tahun 2013. Pada awalnya ia mengalami kesulitan meracik teh serai yang tahan lama.Atas bantuan lurah setempat, ia pun menemukan formula racikan yang dapat membuat teh serai lebih tahan lama.
“Teh serai ini sebenarnya minuman keluarga saya. Jadi waktu itu saya ingin mencoba membuatnya dalam jumlah lebih banyak, agar bisa diminum orang lain. Berbagai macam cara ditempuh agar teh mampu bertahan lama, namun lama-lama akhirnya berhasil juga berkat bantuan pak lurah,”ungkapnya kepada Koran Kaltim, kemarin.
Dengan modal awal hanya hanya dengan Rp, 100 ribu, akhirnya Sri kini rutin mendapatkan keuntungang Rp 500 ribu dalam sebulan. Teh yang ia racik dipatok dengan harga Rp10 ribu.
Berkat kerja kerasnya, ternyata usaha Sri semakin maju, ditambah pruduk teh serai miliknya disebut-sebut ampuh mengurangi berbagai gejala penyakit, kini teh bubuk olahan sri berubah menjadi teh celup.
Kini, omsetnya pun terus mengalami peningkatan. Bahkan produk yang ia pasarnya sudah mencapai ribuan kotak dan didistribusikan ke sejumlah daerah. Maka, tidak mengherankan jika dalam sebuah ia bisa meraih penjualan hingga puluhan juta rupiah.
Hasil olahan Sri ternyata telah sampai keluar kota hingga ke provinsi tetangga, seperti jawa Sulawesi, Kalimantan Selatan dan kawasan Sumatra
“Dalam sebulan bisa ribuan kotak yang terjual, saya jual sampai ke Sulawesi dan Sumatera, hingga Jawa, daerah sana lebih banyak yang beli,” pungkasnya. (yul1116)