Wabup Dukung SKB Jadi Satuan Pendidikan

0
1
KUNJUNGAN: Wakil Edi Damansyah saat mengunjungi Kantor SKB Tenggarong diterima Kepala SKB Bukhori.

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mendukung perubahan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) menjadi Satuan Pendidikan Non Formal (PNF).
Hal tersebut disampaikannya usai meninjau Kantor SKB Tenggarong Jl Kauman Desa Bukit Raya L1, Kecamatan Tenggarong Seberang, beberapa waktu lalu.
“Mengubah status SKB menjadi satuan PNF merupakan upaya dari pemerintah agar SKB dapat meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kukar Wiyono melalui Kepala SKB Bukhori menyambut dukungan tersebut.
Menurutnya, perubahan status SKB menjadi satuan PNF segera diproses, sesuai Permendikbud 4/2016 tentang Alih Fungsi SKB Sebagai Satuan Pendidikan yang telah disahkan tanggal 18 Pebruari 2016.
Selama SKB belum menjadi satuan PNF, warga belajar akan kesulitan memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) karena status SKB yang bukan satuan pendidikan. “NPSN dan NISN  ini menjadi syarat warga belajar untuk mengikuti ujian nasional,” katanya.
Selain itu, SKB pun belum bisa diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan non formal dan tidak dapat menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan termasuk menerbitkan sertifikat kompetensi untuk pelaksanaan kursus atau keterampilan.
Untuk diketahui, SKB memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan layanan pendidikan non formal dengan menyelenggarakan pendidikan keaksaraan yang dapat membebaskan masyarakat dari jerat tuna aksara.
Selain itu, dapat menggelar kursus dan pelatihan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat, termasuk menyeleng-garakan program PAUD. (hmp01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here