Home >> Ekonomi kaltim >> Wabup: Kembangkan Pariwisata seperti Pelihara Sapi

Wabup: Kembangkan Pariwisata seperti Pelihara Sapi

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau telah memiliki program yang akan dijalankan nantinya dalam mengembangkan sektor pariwisata. Sebagai salah satu sektor unggulan di Bumi Batiwakkal, pariwisata menjadi fokus pengembangan yang akan digenjot dalam beberapa tahun kedepan.
Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menilai, pengembangan sektor pariwisata ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimaksimalkan hingga akhirnya menjadi sektor untuk mendukung pendapatan daerah. Menurutnya, pengembangan pariwisata ini ibarat memelihara sapi yang akhirnya bisa dimanfaatkan daging maupun susunya. Seperti yang terlihat saat ini. Agus Tantomo menilai, promosi yang dilakukan agen perjalanan dari luar saat ini bakal memberikan keuntungan besar bagi Berau. Menurutnya, hal tersebut menjadi promosi gratis yang akhirnya bakal dimanfaatkan Berau.
Disingung mengenai hasil yang belum bisa diproleh daerah dalam sektor pariwisata ini. Agus Tantomo tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Ia menegaskan, pemerintah telah memiliki langkah-langkah dalam memaksimalkannya.
“Ini kan strategi bisnis, jadi silahkan saja dipromosikan seluas-luasnya. Jika sudah berkembang besar dan banyak wisatawan yang datang, di situ akan kita manfaatkan. Kalau sekarang ini kita biarkan saja,” tegasnya.
Sembari menunggu pemanfaatan ini, Agus Tantomo mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang menyiapkan sarana dan prasarana penunjang di setiap objek wisata yang ada. Kekurangan yang menjadi keluhan dari setiap pengunjung bakal dipenuhi hingga akhirnya memberikan kepuasan pengunjung. Sementara Ketua ASITA (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies) Berau Al Hamid mengungkapkan hal yang serupa, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Berau tentu memberikan dampak besar bagi daerah.
Ia mengaku sangat optimis, promosi yang dilakukan agen-agen perjalanan dari luar daerah tersebut menjadi peluang bagi agen perjalanan lokal. “Kita kan bisa mengambil manfaat di sini, seperti menyediakan transportasi dan akomodasinya,” jelasnya. (sam)