Wabup : Siapkan SDM yang Handal

0
1
Edi Damansyah

Kukar Sambut Positif Program Perhutanan Sosial

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menyambut program pemerintah pusat, yaitu program Perhutanan Sosial yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional(RPJMN) 2015-2019.
Perhutanan sosial atau pemanfaatan perhutanan untuk basis sosial merupakan suatu prioritas untuk mendorong sektor hutan mendapatkan hak sosial dan ekonomi suatu masyarakat.
Isu terakhir yang ada bahwa hutan sangatlah genting dan semakin rusak baik terutama oleh manusia. Perhutanan sosial merupakan program dari perum perhutani yang ada pada tahun 1999 pada awalnya.
Perhutanan sosial atau pengelolaan hutan berbasis masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan harmonis antara pengelola hutan yang tentu masyarakat di sekitar hutan dengan cara berbagai kewenangan dan hasil pengelolaan.
Membangun perhutanan sosial menjadi salah satu andalan usaha rakyat. Sehingga menambah jenis usaha dan pendapatan, meningkatkan teknologi dan manajemen organisasi masyarakat lokal dalam melakukan perhutanan sosial. Selain itu juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar hutan, dan mencoba meningkatkan ekonomi disekitar hutan.
Melestarikan hutan tanpa adanya tekanan dan menjaga hutan dengan iming-iming sama–sama untung baik masyarakat maupun hutan yang dijaga. Adanya tingkatan persediaan sumber daya kehutanan bagi pengembangan sektor hutan yang semakin luas. Hal ini terbentuk dari keberhasilan upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.
Bersama memerangi pembalakan liar atau pemanfaatan hutan untuk pribadi, sehingga masyarakat sekitar dapat melakukan hal tersebut dan berharap pembalakan liar hutan akan berkurang.
Wakil Bupati (Wabup) Kukar Edi Damansyah menegaskan yang harus disiapkan Pemkab Kukar untuk menyambut program perhutanan sosial adalah menyiapkan SDM yang handal untuk mengelola kawasan kehutanan. Misal menyiapkan kelompok tani yang handal dan dibina oleh SKPD Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh, Serta Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kukar.
Program ini membentuk zona kehutanan yang melibatkan rakyat, khususnya para kelompok tani. Agar masyarakat tani lebih sejahtera. “ Program perhutanan sosial, harus kita sambut dengan baik. Ini demi kesejahteraan rakyat Kukar, “ tegas Edi Damansyah. (adv/hei)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here