Breaking News
Home >> Gaya hidup >> Wajib Foto Saat Liburan di Dubai
BURJ Al Arab, bangunan paling ikonik di Dubai (ISTIMEWA/KOMPAS.COM)
BURJ Al Arab, bangunan paling ikonik di Dubai (ISTIMEWA/KOMPAS.COM)

Wajib Foto Saat Liburan di Dubai

Gedung Tinggi Burj Al Arab Jadi Bangunan Ikonik

JAKARTA – “Kita ke sini bukan untuk berenang, tapi foto-foto ya,” tutur Gabriel, pemandu wisata dari Arabian Adventure yang mengantar kami berkeliling Kota Dubai, Uni Emirat Arab.
Destinasi yang kami datangi adalah sebuah pantai. Tentu di tengah terpaan matahari, menyebur ke laut adalah pilihan yang menyegarkan.
Waktu sebenarnya sudah menunjukan pukul empat sore, tetapi matahari masih benderang. Padahal orang setempat berkata, inilah waktu terbaik untuk berkunjung Dubai. “Ini lagi musim dingin. Cuacanya jadi enak,” kata Gabriel.
Di sela-sela fam trip media Indonesia ke fasilitas pelatihan awak kabin Emirates di Dubai, kami berkesempatan berkeliling Kota Dubai. Salah satunya adalah Pantai Jumeirah. Karena tak punya banyak waktu, tujuan kami hanyalah berfoto, bukan untuk berenang.
Seperti dikatakan Gabriel, tujuan kami adalah berfoto-foto. Bukan sembarang foto, melainkan berfoto dengan latar belakang gedung Burj Al Arab. Ini merupakan gedung ikonik Kota Dubai.
Bentuknya seperti kapal layar, begitu khas sehingga tak heran menjadi bangunan ikonik Kota Dubai. Apalagi lokasinya yang di tepi pantai. Dari kejauhan seperti kapal dengan layar terbentang hendak mengarungi lautan.
Pantai Jumeirah merupakan lokasi favorit untuk berfoto dengan latar Burj Al Arab. Bahkan tersedia spot khusus untuk wisatawan berfoto. Sebuah “panggung” kayu yang sempurna menghasilkan foto Burj Al Arab, pantai, dan laut, dalam satu frame.
Hanya saja, karena kunjungan kami di sore hari, matahari tepat berada di belakang Burj Al Arab. Tentu tak bagus hasilnya, kecuali jika berniat foto siluet.
Karena kondisi foto yang tidak bagus karena langsung menghadap matahari, Gabriel mengusulkan lokasi lain. Lokasi tersebut adalah sebuah resor yaitu Madinat Jumeirah the Arabian Resort.
Di resor ini ada area shouk atau pasar. Walau disebut pasar dengan konsep seperti pasar tradisional di Dubai, tetapi bangunannya tetap modern. Di area pasar yang terbuka untuk masyarakat umum ini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang Burj Al Arab.
Lokasi persisnya di dekat restoran yang menghadap ke kanal buatan resor. Dari area shouk, kami harus berjalan masuk hingga ke area restoran. Tepat di tangga, biasanya sudah tampak wisatawan yang sibuk berfoto dengan tongsis untuk mendapatkan foto dengan latar belakang Burj Al Arab.
“Walau banyak turis ke sini untuk berfoto dengan latar Burj Al Arab, sebenarnya tidak banyak yang tahu tempat ini. Biasanya orang ke Pantai Jumeirah,” kata Gabriel.
Benar juga, meski banyak turis, giliran kami untuk berfoto tidak lama. Bahkan kami bisa berlama-lama untuk berfoto dengan berbagai pose dengan latar Burj Al Arab. Mungkin bedanya, jika Anda punya banyak waktu, selepas berfoto di Pantai Jumeirah, Anda bisa langsung nyebur ke laut. (kcm)