Breaking News
Home >> Samarinda >> Walikota Harus Tegas ke Kepala Dinas

Walikota Harus Tegas ke Kepala Dinas

SAMARINDA – Peringatan berupa penurunan jabatan bagi kepala dinas atau instansi baru di lingkup Pemkot Samarinda namun tak mampu berinovasi seperti yang disampaikan Walikota H Syaharie Jaang beberapa waktu lalu mendapat tanggap­an dari Carolus Tuah.
Pengamat pemerintahan dari Kelompok Kerja (Pokja) 30 ini meminta agar walikota tidak sekadar memberikan peringatan.
“Harus ada pernyataan tertulis, pakai istilah kontrak kerja, kerjasama atau apapun namanya, harus ada hitam diatas putih. Jangan sampai nanti kepala dinas yang tak bisa berinovasi tetap dibiarkan bekerja sementara tidak ada program yang bagus yang dibuat. Kalau ada ikatan semacam kontrak kerja, kalau tidak mampu kan tinggal meminta si pejabat mundur,” kata Tuah kemarin.
Tuah juga menyoroti peran DPRD Samarinda selaku pe­ngawas kinerja pemkot.
“Jadi jangan salahkan kepala dinas dulu, tapi lihat juga bagaimana walikotanya. Kita tahu Pak Jaang orang yang berpengalaman selama 15 tahun di pemkot, jadi tinggal komunikasi dan pelayanan terbaik darinya yang ditunjuk memujudkan dan bisa di contoh dengan anak buahnya,” papar Tuah. “DPRD harus meng­ingatkan dan mengawasi pejabat publik yang ada di eksekutif, bukan hanya me­nyalahkan,” pungkasnya.
Seperti diberitakan harian ini, Syaharie Jaang mengultimatum kepala dinas yang baru dilantiknya di beberapa instansi untuk melakukan inovasi dalam program kerja sehingga kinerja dinas atau instansi tersebut bisa terlihat di masyarakat. Kalau tidak ada inovasi, Jaang menyatakan tak segan untuk menurunkan sang kepala dinas. (man)