Walikota Kagumi Kegiatan Jumputan di Sindang Sari


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:00:18
SAMARINDA – Kegiatan Jumat Bersih berlangsung di Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan Jumat (7/10) kemarin dan tak biasanya, kali ini Walikota Samarinda H. Syaharie Jaang terkagum-kagum karena di kawasan tersebut hampir semua jalan utama yang membentang panjang sudah di semenisasi dan terlihat bersih juga asri.

Kebersihan dan keasrian wilayah kelurahan ini tidak lepas dari sifat kegotong royongan warga yang begitu serius menjaga dan menata lingkungan rumahnya agar selalu bersih dengan melakukan gotong royong secara rutin. Satu hal yang Jaang buat sangat kagum yaitu kegiatan jumputan.

Jumputan adalah urunan warga dengan menaruh uang atau beras setiap malam pada wadah yang sudah mereka buat yang dipasang di depan rumah masing-masing yang nilainya sukarela. Uang atau beras ini setiap malamnya diambil atau dikumpulkan oleh petugas ronda atau siskamling yang sekaligus berpatroli memantau keamanan rumah warga.

Sulkhan ketua RT. 01 Kelurahan Sindang Sari menjelaskan hasil jumputan ini dikumpulkan oleh ketua RT yang kemudian digunakan untuk kepentingan warga. “Jumputan ini kami kumpulkan dan gunakan untuk keperluan lingkungan kami seperti membuat pot dan keperluan lain”, kata Sulkhan sambil menunjukkan pot yang dibuat dari hasil jumputan. Jaang mengelilingi wilayah tersebut dan sangat kagum dengan kegiatan jumputan ini. Dia menyampaikan kegiatan dan sifat kegotong royongan ini patut jadi contoh di tempat lain.

“Saya kagum dan merasa bahagia melihat warga di sini (Sindang Sari) yang masih mempertahankan rasa kegotong royongan yang saat ini sudah mulai pudar. Jumputan ini sebagai lambang atau ikon kegotong royongan warga yang bisa menghasilkan sesuatu yang nyata dan dinikmati warga,” kata Jaang. (ms315/hms)

baca LAINNYA