Warga Mengeluh Aliran Air Lemah, Pipa di-Wash Out

0
1

SAMARINDA – Untuk meningkatkan kelancaran distribusi air bersih ke rumah pelanggan, Tim Distribusi PDAM Tirta Kencana Unit Pelayanan Wilayah (UPW) III melakukan pembersihan pipa (wash out) Senin (10/10) kemarin.
Hal ini juga dilakukan terkait dengan adanya keluhan dari warga mengenai tingkat kecepatan air yang lemah dan kecil. Selain membersihkan pipa yang sudah terpasang lama, tindakan yang dilakukan pihak PDAM tersebut juga berfungsi memastikan kelancaran aliran pada pipa yang baru terpasang.
Kasi Humas PDAM Tirta Kencana Samarinda Mokhamat Lukman menjelaskan, upaya pembersihan pipa tersebut dilakukan di wilayah Jalan P Antasari, yang rencananya juga akan dilajutkan hingga ke Jalan Juanda. “Oh itu peningkatan pelayanan distribusi, untuk pelanggan di daerah Jalan P Antasari Gg 7 yang kurang lancar, kemarin dapat laporan warga di daerah itu air mengalir kecil, jadi petugas langsung evaluasi,” jelas Lukman kepada Koran Kaltim.
Kepala UPW III PDAM Tirta Kencana Chamdani secara terpisah menuturkan, wash out di lakukan karena aliran distribusi terganggu oleh sampah-sampah yang menyumbat pipa distribusi. Selain itu, upaya ini juga untuk mencegah kemungkinan adanya kebocoran pipa akibat kotoran. “Kotorannnya itu macam-macam, ada sampah, baju-baju malah kadang ada juga sendal. Kalau tidak dibersihkan selain bisa menyebabkan distribusi terganggu, bisa menyebabkan kebocoran,” kata Chamdani.
Saat ini tim distribusi tengah melakukan upaya pembersihan tersebut yang rencananya akan di lakukan hingga wilayah Jalan Juanda. “Sementara ini masih dalam penanganan tim distribusi, rencana evaluasi sampai valve Jl Juanda. Tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan rehab pipa kalau terindikasi pipa mengalami kerusakan yang parah,” pungkasnya. (rs616)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here