Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Warga Silva Duta Dambakan Air Bersih

Warga Silva Duta Dambakan Air Bersih


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:05:12
SANGATTA – Warga Dusun Silva Duta, Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim), saat ini sangat mendambakan pasokan atau pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga setempat saat ini hanya membeli air dari tempat penjualan air yang ada. Mereka pun tidak bisa mengandalkan air sumur, karena rumah mereka tidak jauh dari makam. Hal ini disampaikan Wawan warga setempat, Selasa (11/10) kemarin.

“Warga sangat mendambakan adanya air bersih di PDAM yang mengalir dari rumah ke rumah, seperti yang lain,” keluhnya.

Dikatakanya, sejak tahun 2014 dilakukan pengembangan kawasan makam, akibatnya lahan yang ada sudah penuh karena pengembangan areal pemukiman masyarakat.

Menurutnya, beberapa waktu lalu ada protes kawasan pemakaman diperluas, bahkan kegiatan pemakaman sempat dihentikan. Namun protes tersebut tak bertahan lama karena perluasan tetap dilanjutkan.

“Kami merasa kurang nyaman jika kembali menggunakan air sumur yang kebetulan dekat dengan pemakaman, maka dari itu kami harapkan adanya air bersih dari PDAM, “ tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Cabang Sangatta Selatan Noor Hadi, meminta warga setempat supaya bersabar, karena saat ini pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan untuk melakukan pemasangan pipa induk di daerah tersebut.

“Jika pipa induknya sudah terpasang, Insya Allah, kami akan lakukan pemasangan sambungan air bersih, “imbuhnya.

Untuk diketahui, PDAM Cabang Sangatta Selatan pada tahun 2017 mendatang menargetkan 400 sambungan baru air bersih ke rumah warga. Target 400 sambungan baru tersebut berlokasi mulai dari SPBU di Jalan A Muis, sampai kantor PDAM sisi kiri, dan juga daerah pemakaman Silva Duta.

“Peningkatan jumlah pelanggan ini merupakan wujud peningkatan pelayanan PDAM kepada masyarakat, “ katanya.

Lanjut dia, dengan belum adanya jaringan pipa induk, dirinya berharap dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa direalisasikan.

“Kami berharap tahun 2017 mendatang, dana APBN bisa direalisasikan, untuk membangun pipa induk sepanjang 20 kilometer yang dimulai dari SPBU di Jalan A Muis, sampai kantor PDAM sisi kiri, dan juga daerah pemakaman Silva Duta,” harapnya.

Saat ini PDAM Sangatta Selatan sudah mempunyai 1.349 sambungan pelanggan PDAM. Jika tahun depan bertambah 400 maka jumlah pelanggan PDAM sangatta Selatan menjadi 1.749 pelanggan. (sab)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 1.042 kali
img