Breaking News
Home >> Politik >> 39 Kandidat Deklarasi Pilkades Damai

39 Kandidat Deklarasi Pilkades Damai

TANA PASER – Sebanyak 39 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 9 desa di Kecamatan Tanah Grogot, Kamis (1/12) menandatangani Deklarasi Pilkades Damai, Siap Menang dan Siap Kalah di Kantor Camat.
“Ini adalah komitmen bersama siap menang dan siap kalah oleh Cakades dalam rangka Pilkades serentak 2016. Mereka sepakat turut mensukseskan perhelatan Pilkades yang damai dan kondusif,” kata Camat Tanah Grogot, HM Guntur usai memimpin Deklarasi Damai Pilkades Serentak, kemarin.
Adapun 9 desa di Kecamatan Tanah Grogot yang akan melaksanakan Pilkades serentak, masing-masing Desa Sempulang, Senaken, Tanah Priuk, Pepara, Perepat, Muara Paser, Padang Pangrapat, Sungai Tuak dan Desa Sungai Langir.
“39 Cakades itu berasal dari sembilan desa di wilayah Kecamatan Tanah Grogot, yang melaksanakan Pilkades Serentak gelombang pertama pada 2016. Rencananya, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 7 Desember 2016,” ucapnya.
Dikatakan dia, dari sembilan desa yang akan menggelar pilkades serentak ada sejumlah desa yang jadi perhatian pihaknya. Perhatian terfokus pada daerah yang memiliki kerawanan gangguan Kamtibmas. Seperti, Desa Muara Paser, Perepat dan Desa Sungai Tuak.
“Dari pemetaan kami bersama Polsek Tanah Grogot dan Koramil, ada beberapa desa yang berpotensi gangguan Kamtibmas. Untuk itu, kami dibantu aparat keamanan melakukan tindakan penekanan atau antisipasi terhadap gerakan yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkades Serentak di Tanah Grogot,” ungkapnya.
Dia meminta kepada para pendukung seluruh kandidat lebih dewasa menyikapi setiap isu yang menyesatkan. “Sehingga, Pilkades serentak yang dilaksanakan bisa melahirkan pemimpin-pemimpin sesuai harapan di masing-masing desa,” ujarnya.
Kapolsek Tanah Grogot, AKP Nur Asikin mengingatkan seluruh peserta tetap mematuhi aturan agar pilkades serentak berjalan aman.
“Selalu patuhi ketentuan-ketentuan regulasi yang berkaitan dengan Pilkades. Seperti, UU Nomor 6/2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 112/2016 tentang Pilkades, dan Perda Kabupaten Paser Nomor 7/2016 tentang Pilkades,” kata Asikin mewakili Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan. (sur)