Selasa, 10/04/2018

Rp 80 Miliar Disiapkan untuk SPN

Selasa, 10/04/2018

KUNJUNGAN: Kapolda di-dampingi Plt Bupati Kukar dan Kadis PU meninjau rencana lokasi pembangunan gedung SPN di Kutai Kartanegara.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Rp 80 Miliar Disiapkan untuk SPN

Selasa, 10/04/2018

logo

KUNJUNGAN: Kapolda di-dampingi Plt Bupati Kukar dan Kadis PU meninjau rencana lokasi pembangunan gedung SPN di Kutai Kartanegara.

TENGGARONG-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memastikan kesiapannya membangun gedung Sekolah Polisi Negara (SPN) Kalimantan Timur yang dibangun di Desa Margahayu, Jonggon, Kecamatan Loa Kulu.

Kondisi defisit anggaran yang menerpa beberapa tahun terakhir ini mengharuskan Dinas PU berpikir ekstra agar segala sesuatu terkait pembangunan bisa tetap berjalan walau tidak secara menyeluruh. 

Kepala Dinas PU H Muhammad Yamin ST,MT didampingi Sekretaris H Budi Harsono menyampaikan progres pembangunan SPN tetap berjalan meski defisit anggaran. Pihaknya tetap komitmen akan terus berupaya agar pembangunan SPN terus berjalan. “Karena terpaksa dilakukannya rasionalisasi anggaran maka angkanya disepakati Rp80 miliar, ini sesuai kesepakatan dan arahan langsung dari Pak Plt Bupati (Edi Damansyah, Red),” katanya, kemarin.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke lokasi pembangunan SPN langsung, Kamis (5/4), Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto yang turut didampingi Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Asisten I Setkab Kukar Chairil Anwar dan Kepala Dinas PU Kukar M Yamin mengemukakan, Pemkab Kukar sudah mengucurkan dana untuk pembangunan SPN dalam 2 tahap pada 2017, yakni Rp 15 miliar untuk pematangan lahan dan Rp 10 miliar untuk konstruksi jalan. 

Lalu, tahun ini Pemkab kembali mengucurkan dana sebesar Rp 80 miliar untuk membangun beberapa gedung, seperti barak dan ruang kelas. “Sisanya (kekurangan dana), kita undang para bupati dan walikota supaya ikut berkontribusi dalam mempercepat kesiapan SPN. Karena SPN ini untuk mendidik putra daerah di kabupaten/kota,” kata Priyo.

Selain dana, Pemkab Kukar juga membantu penyediaan lahan seluas 108 hektare yang dihibahkan dari lahan konsesi milik PT Multi Harapan Utama (MHU). “Ada 30 hektare kita gunakan untuk pembangunan gedung SPN,” ujarnya. 

Dalam kunjungan itu, Priyo melihat langsung pekerjaan fisik pada tahap pertama, meliputi pematangan lahan dan pembuatan akses jalan masuk. Sedangkan pembangunan fisik gedung akan dikerjakan pada tahap II. Rencananya, gedung utama ini akan menempati lahan seluas 30 hektare, termasuk barak utama dan mes polisi. 

Menurut Priyo, kondisi SPN di kawasan Stal Kuda, Jalan Jendaral Sudirman Balikpapan, saat ini, sudah kurang layak. “Saya waktu di Jambi, Polda Jambi ini lebih kecil dari Polda Kaltim, namun lingkungan SPN jauh lebih bagus, sedangkan SPN Polda Kaltim sekarang tidak layak untuk proses belajar mengajar, areanya sempit, fasilitas terbatas dan tempat latihannya juga sempit,” tuturnya. 

Belum lagi, lokasi SPN saat ini berada di sekitar jalur lintasan pesawat sehingga kebisingan bisa mengganggu proses pembelajaran di SPN.

Menyikapi hal ini, Dinas PU Kukar tentunya menyambut baik dan berharap agar pemerintah kabupaten/kota lain yang ada di Kaltim turun berperan ekstra seperti apa yang diinstruksikan langsung oleh Kapolda. “Ya tentunya kami setuju, karena nantinya yang bersekolah di SPN-kan bukan hanya putra-putri daerah asal Kukar saja tapi seluruh Kaltim,” sebut Budi. 

Budi menjelaskan rencana item keseluruhan bangunan SPN ada sekitar 20 bangunan. Nantinya dibagi-bagi sesuai instruksi Polda Kaltim, tidak semuanya dibebankan ke Kukar. “Sebenarnya kita sudah banyak seperti yang sudah kita kerjakan pematangan lahan 30 hektare, jalan dan drainase dulu kan yang ngerjakan Kukar, kontribusi kita sudah luar biasa. Sisanya dibebankan untuk kabupaten dan kota lain sesuai rapat lanjutan nanti yang difasilitasi langsung oleh Polda Kaltim,” jelasnya.

Menurut Budi, kontribusi kabupaten/kota lain dalam pembangunan SPN ini tentunya diharapkan progresnya agar bisa kooporatif seperti apa yang sudah dilakukan Kukar. Karena yang nantinya akan mengenyam pendidikan di SPN ini bukan hanya putra-putri Kukar tapi juga putra-putri Kaltim termasuk juga dari Kaltara.

“Yang pasti progres pada tahun ini persiapan untuk lelang. Terkait support dari kabupaten dan kota lain yang nantinya akan berkontribusi terletak pada kewenangan Bupati dan Kapolda, karena itu kan punya Polda Kaltim dan yang sekolah kan nantinya anak-anak kita di Kaltim Kaltara kan,” paparnya.

“Soal ini Pemkab Kukar yang pasti tidak gengsi-gengsian lah terkait proyek pembangunan ini, karena kondisi seperti ini ya kita menerima dengan baik bantuan kontribusi daerah lain. Ya sesuaikan keadaan kita memang, karena memang kita menurun jauh kan tidak seperti dulu lagi,” imbuh Budi lagi. 

Keberadaan SPN yang akan dibangun di tanah Kutai ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kukar. Selain akan berdampak positif pada roda perekonomian masyarakat, keberadaan SPN tentu akan membuat Kukar menjadi lebih aman dan kondusif serta memiliki daya saing lebih dalam bidang pendidikan. (adv/hei)

Rp 80 Miliar Disiapkan untuk SPN

Selasa, 10/04/2018

KUNJUNGAN: Kapolda di-dampingi Plt Bupati Kukar dan Kadis PU meninjau rencana lokasi pembangunan gedung SPN di Kutai Kartanegara.

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.