Senin, 07/05/2018

Gali Potensi Wisata Sungai Mahakam

Senin, 07/05/2018

istimewa/net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Gali Potensi Wisata Sungai Mahakam

Senin, 07/05/2018

logo

istimewa/net

SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Siti Qomariah mengatakan kekayaan Sungai Mahakam dengan ragam sumber daya alamnya yang melimpah serta keberadaannya perlu diberdayakan dengan maksimal. Menurut dia, salah satu yang saat ini begitu potensial yakni optimalisasi peran Sungai Mahakam sebagai objek wisata.

Pasalnya, kini sudah ada upaya dari pemerintah dengan mengadakan kapal penumpang yang bisa dipakai untuk menyusuri sungai sepanjang 920 km itu. Sayangnya, fasilitas tersebut tidak dilengkapi dengan pemaparan seputar sejarah dan budaya. 

“Untuk itu harus dimanfaatkan secara maksimal, sebab peran Sungai Mahakam sebagai salah satu objek pariwisata di Kaltim potensial menghasilkan PAD. Apalagi ada nilai histori yang dapat menarik pengunjung,” terang Siti Qomariah. 

Mengoptimalkan sektor tersebut, sambungnya pemerintah sudah harus memikirkan tambahan dermaga, sebagai pos destinasi saat menyusuri Sungai Mahakam. Sebab banyak objek sarat bernilai sejarah yang bisa dijangkau saat menyusuri Sungai Mahakam. 

Untuk daerah Samarinda ada Kampung Tenun, Masjid Shiratal Mustaqim di Samarinda Seberang, dan Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center. Yang semuanya bisa jadi destinasi, rute kapal bisa menjangkau titik yang dianggap memiliki sejarah daerah ini.

“Bisa juga kalau menelusuri daerah lain, dengan menjelajahi sampai ke daerah Tenggarong dan hulu Sungai Mahakam,” sambung Qomariah.

Sementara itu, perahu kecil bisa dioptimalkan untuk menjajakan makanan khas Kaltim. Sebab, di kapal wisata yang ada kini tidak menyediakan makan dan minum yang bisa memanjakan pengunjung. Adanya penjual dari perahu kecil di sekitar perairan tentu dapat menambah daya tarik wisatawan.

Sementara itu, perumahan warga di bantaran sungai juga sedikitnya menjadi nilai tambah. Apalagi bisa dihias dengan pemberian warna mencolok atau lukisan yang bisa memanjakan mata saat melintas di Sungai Mahakam.

“Semoga pemerintah benar-benar memanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan wisata Sungai Mahakam ini,”Politikus PAN ini

Saat ini, ada dua kapal yang beroperasi untuk wisata jelajah Sungai Mahakam. Masing-masing dengan muatan berbeda, yakni 100 dan 60 penumpang. 

Adapun rute yang saat ini dijalankan adalah mulai Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II hingga Pulau Kumala, Tenggarong, Kukar. (Adv/hms3)

Gali Potensi Wisata Sungai Mahakam

Senin, 07/05/2018

istimewa/net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.