Senin, 21/05/2018

Banyak Siaran Televisi Tidak ‘Sehat’ Untuk Anak

Senin, 21/05/2018

Zain Taufik Nurrohman

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Banyak Siaran Televisi Tidak ‘Sehat’ Untuk Anak

Senin, 21/05/2018

logo

Zain Taufik Nurrohman

SAMARINDA - Ketua Komisi I DPRD Kaltim Zain Taufik Nurrohman menilai, makin hari tayangan di televisi kian tidak ‘sehat’ dan tidak memberikan ruang publik kepada anak-anak. 

Akibatnya, perhatian terhadap perkembangan dan pendidikan anak-anak menjadi terabaikan dalam program-program yang disiarkan.

Menurutnya, persoalan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab menyangkut masa depan generasi penerus bangsa.

“Semestinya televisi dan seluruh media siaran lainnya bisa menjadi alat edukasi yang efektif, terutama dalam mendidik sekaligus memberi ruang publik yang sehat kepada anak-anak,” katanya. 

Politikus PAN ini melihat tayangan televisi selama ini lebih banyak berisi dengan  adegan kekerasan, entertainment (hiburan orang dewasa), atau acara mistik.

“Anak-anak harus diberi ruang publik khusus, sebab tayangan televisi saat ini tidak punya nilai pendidikan sama sekali terhadap mereka,” ungkapnya.

Menurutnya keberpihakan siaran televisi terhadap pendidikan dan anak-anak penting buat masyarakat. Sebab terkadang meski yang ditayangkan dalam sebuah sinetron itu sekolah-sekolah atau kampus, tapi isi siaran tersebut jauh dari nilai-nilai pendidikan. Akhirnya tayangan-tayangan tersebut melahirkan citra yang tidak baik terhadap dunia pendidikan, sebab para siswa justru mendapat tontonan yang tidak mendidik.

“Padahal semestinya televisi nasional itu berfungsi sebagai alat edukasi pemerintah. Bukan justru sebaliknya, menghancurkan generasi bangsa,” ucapnya.

Disinilah peran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baik ditingkat nasional maupun daerah sebagai lembaga pengawas siaran televisi dibutuhkan. Peran orang tua dalam hal ini juga sangat penting dalam memilih tanyangan yang sesuai dengan kebutuhan.

“Tentunya harus sesuai dengan norma. Orangtua harus bijak memilih program televisi mana yang boleh ditonton dan tidak,” imbaunya. (adv/hms3/hms4)

Banyak Siaran Televisi Tidak ‘Sehat’ Untuk Anak

Senin, 21/05/2018

Zain Taufik Nurrohman

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.