Rabu, 06/06/2018

Raih Pendidikan Kualitas Tinggi Bersama Yayasan Insan Cendikia

Rabu, 06/06/2018

HAFLAH : Perpisahan dengan para murid menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan yang dirangkai dengan pentas seni dan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi. (heri/kk)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Raih Pendidikan Kualitas Tinggi Bersama Yayasan Insan Cendikia

Rabu, 06/06/2018

logo

HAFLAH : Perpisahan dengan para murid menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan yang dirangkai dengan pentas seni dan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi. (heri/kk)

TENGGARONG - Pendidikan merupakan aset terkini dan masa yang akan datang. Dengan pendidikan, manusia sebagai makhluk hidup yang dianugerahi akal dan pikiran mampu menjadi pribadi yang tidak hanya terjamin kualitas hidupnya namun juga terjamin kemuliaannya baik di hadapan sesama manusia maupun Allah SWT.

Meski baru berdiri pada 2015 lalu, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Insan Cendikia Boarding School banyak prestasi yang diperoleh baik segi akademik maupun non akademik. Prestasi tersebut diperoleh tidak lepas dari peranan pembentukan karakter yang telah ditanamkan oleh sekolah yang beralamat lengkap di Jalan Banggeris RT 33 No 30 Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara ini.

Kepala SMP IT Insan Cendikia, Bimansyah Al Harisi didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Alfisyahri mengatakan pembentukan karakter yang dilakukan sekolahnya memang menjadi ciri khas tersendiri dalam rangkaian kegiatan belajar mengajar kesehariannya.

Pembentukan Karakter

“Pembentukan Karakter ini selain memang kurikulum dari pusat yakni seluruh sekolah yang berada di naungan Sekolah Islam Terpadu juga memang disini kita didik sejak dini pendidikan karakter kepada para murid. Adapun contohnya dalam keseharian ialah melatih siswa menjadi imam shalat berjamaah, mengisi kultum, kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk pembentukan karakter para murid,” katanya kepada Koran Kaltim, kemarin.

Alfi menjelaskan membentuk karakter tidak semudah memberi nasihat, tidak semudah memberi instruksi, tetapi memerlukan kesabaran, pembiasaan dan pengulangan, sebagaimana yang dinyatakan dalam hadits ‘Ilmu diperoleh dengan belajar dan sifat santun diperoleh dengan latihan menjadi santun’ (HR Bukhari). Sehingga proses pendidikan karakter merupakan keseluruhan proses pendidikan yang dialami peserta didik sebagai pengalaman pembentukan kepribadian melalui memahami dan mengalami sendiri nilai-nilai, keutamaan-keutamaan moral, nilai-nilai ideal agama, nilai-nilai moral. “Sekolah Islam Terpadu telah menjadikan pendidikan karakter sebagai pilar utama dalam proses penyelenggaraannya yang tentunya menjadikan nilai-nilai keagamaan sebagai landasan dasarnya,” jelasnya.

Haflah (Perpisahan)

Yayasan Amal Sejahtera Insan Cendikia belum lama ini, minggu (13/5) telah merampungkan pelaksanaan Haflah atau yang biasa di sebut perpisahan para muridnya. Adapun yang mengikuti perpisahan kelulusan tahun ini ialah 15 orang murid untuk SD IT dan 23 orang murid untuk SMP IT yang diselenggarakan langsung di sekolah.

“Dalam kegiatan itu dirangkai pentas seni serta pengumuman dan pemberian penghargaan kepada anak murid kami yang bernama Athoriq Sufyan Aziz mendapat nilai UN terbaik kedua tingkat Kabupaten Kukar,” ucapnya.

Alfi menyampaikan Haflah tahun ini ialah kegiatan yang ketiga bagi SMP IT ICBS dan kesembilan untuk SD IT. “Memang untuk menadapatkan hasil terbaik dalam setiap kali UN kita selalu mengadakan bimbingan belajar khusus selama empat hari untuk empat mata pelajaran yang di uji kan, selain itu juga kita persiapkan mental anak murid dengan seminar motivasi yang kita libatkan langsung pihak luar dalam pelatihannya,” ujarnya.

Bakti Sosial

Adapun kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilakukan oleh SMP IT ICBS ialah melaksanakan Bakti Sosial (Bakti Sosial). Pada tahun ini Baksos yang dilakukan ada empat yakni Sembako Murah, Check Up Kesehatan Gratis, Takjil On The Road, dan Penjualan Pakaian Layak Pakai kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Empat kegiatan Baksos ini full kita lakukan dalam satu hari, yakni hari Ahad (3/6) pagi harinya kita lakukan sembako murah kemudian check up kesehatan gratis, penjualan pakaian layak pakai dan sore harinya kita bagikan santapan untuk berbuka bagi masyarakat sekitar dan pengguna jalan bertajuk Takjil On The Road,” paparnya.

Kegiatan Baksos ini sekaligus bertujuan untuk pembentukan karakter bagi para peserta didik sekaligus mengajarkan pentingnya kepedulian kepada sesama agar tetap dan terus ditanamkan sejak dini. “Ini dilakukan langsung oleh Badan Eksekutif Siswa Terpadu (BEST) SMP IT ICBS. Semua baik penyusunan proposal untuk pengajuan bantuan ke perusahaan terdekat terkait Baksos ini hingga yang turun langsung ke lapangan ialah para murid sendiri, pihak guru sekedar menjadi steering commite atau pengarah saja,” paparnya.

Rapat Kerja

Untuk menghasilkan anak didik yang berkarakter hebat serta memperoleh prestasi yang gemilang, unit SMP IT ICBS, SD IT, TK IT dan Asrama setiap tahunnya rutin menggelar Rapat Kerja (Raker). Adapun tema Raker tahun ajaran 2018/2019 ini ialah ‘Kokohkan Eksistensi Menuju Sekolah Unggul’. “ini memang rutin selalu kita lakukan setiap tahun setelah tahun ajaran berakhir dan akan memulai tahun ajaran yang baru. Jadi kita lakukan evaluasi sekaligus rancangan program kerja apa saja yang akan kita lakukan setahun ke depan, kemudian hal-hal apa saja yang perlu di evaluasi selama setahun belakangan, tujuannya jelas agar masing-masing tenaga pendidik, hingga jajaran karyawan lainnya baik sekuriti maupun bidang dapur paham akan tugas pokok dan fungsinya,” tegasnya.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Tulus Sutopo yang hadir langsung dalam Raker kali ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran tenaga pendidik SMP IT. “Walaupun mereka dalam kondisi baru, tapi sangat luar biasa perkembangannya, ini tentunya semangat dan motivasi dari tenaga pendidiknya khususnya kepala sekolah. Terbukti dari perencanaan dalam kegiatannya terus berkoordinasi dengan Disdikbud dan kita pantau terus via WA agar terus intens melaporkan kegiatannya ke Disdikbud,” tegas Tulus.

“Luar biasa untuk lingkup kabupaten dan provinsi Insan Cendikia ini mulai punya nama, jika sekolah favorit lainnya untuk tahun pembelajaran 2018/2019 belum melaksanakan Raker, mereka justru sudah Raker, jadi nanti sambil liburan mereka sudah gerak cepat, tinggal menyesuaikan dengan regulasi yang ada. Saya pikir ini karena SDM-nya yang mereka miliki, semuanya memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan pendidikan di Kukar,” tambahnya. (adv/hei) 


Raih Pendidikan Kualitas Tinggi Bersama Yayasan Insan Cendikia

Rabu, 06/06/2018

HAFLAH : Perpisahan dengan para murid menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan yang dirangkai dengan pentas seni dan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi. (heri/kk)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.