Selasa, 26/06/2018

Tanggulangi Kemiskinan Lewat Program PKH

Selasa, 26/06/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Syarifah Fatimah Alaydrus

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tanggulangi Kemiskinan Lewat Program PKH

Selasa, 26/06/2018

logo

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Syarifah Fatimah Alaydrus

SAMARINDA- Mengapresiasi program pemerintah pusat Program Keluarga Harapan (PKH), Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Syarifah Fatimah Alaydrus berharap program tersebut terus berjalan dan tersosialisasi dengan baik karena sangat membantu menanggulangi kemiskinan.

Program yang berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 bahwa program berupa pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan atau seseorang yang miskin dan rentan miskin, yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin juga diharapkan mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitasnya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga melalui akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan.

“Tujuan PKH memang meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan social. Sehingga mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin. Dari sini menciptakan kemandirian bagi keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, serta mengenalkan produk dan jasa keuangan formal,” ungkap Politikus Golkar ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai program prioritas nasional karena mempunyai dampak langsung yang signifikan terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan dengan meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu melalui bantuan sosial non tunai yang diberikan.

Maka sudah semestinya mendapat dukungan dan terus didorong bagi Kabupaten/ kota untuk mengembangkan pelaksanaan PKH diwilayahnya masing- masing, serta penguatan kelembagaan selalu menjadi prioritas utama baik Unit Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kabupaten/kota sampai ke tingkat UPPKH kecamatan.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kaltim, PKH di Provinsi Kaltim telah menunjukkan prestasi yang membanggakan.  Awalnya hanya di 2 Kabupaten/kota, Samarinda dan Kutai Barat. Tetapi saat ini diseluruh Kabupaten/kota telah menjalankan PKH.  Data terakhir tahun 2017 jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) peserta program keluarga harapan (PKH) di Provinsi Kaltim sebanyak 37.826 KPM. Dengan jumlah tenaga SDM yang terdiri dari koordinator wilayah 2 orang, operator tingkat provinsi 1 orang, koordinator kabupaten/kota 9 orang, operator Kabuapaten/kota 19 orang dan pendamping Kabupaten/kota 158 orang.

“Ini menjadi indikator pemerintah sudah cukup berkomitmen menanggulangi kemiskinan di Kaltim. Harus terus ditingkatkan dan antisipasi segala kendala yang ada seperti masalah geografis yang susah di jangkau, akses internet belum maksimal, penguatan data serta biaya tranportasi yang besar menuju ke lokasi keluarga penerima manfaat,” urainya. (hms5)


Tanggulangi Kemiskinan Lewat Program PKH

Selasa, 26/06/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Syarifah Fatimah Alaydrus

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.