Jumat, 29/06/2018

Dukung Pengembangan Wilayah Pesisir Secara Merata

Jumat, 29/06/2018

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Dukung Pengembangan Wilayah Pesisir Secara Merata

Jumat, 29/06/2018

logo

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

SAMARINDA -Sejalan dengan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang tengah dibahas, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun sepakat bahwa kawasan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil perlu mendapatkan dukungan pembangunan secara merata.

Menurut dia, pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki potensi sumber daya alam dan jasa lingkungan yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai modal dasar pelaksanaan pembangunan Kaltim di masa yang akan datang.

“Kawasan ini menyediakan sumber daya alam yang produktif, seperti terumbu karang, padang lamun (seagrass), hutan mangrove, perikanan dan kawasan konservasi.  Pulau-pulau kecil juga memberikan jasa lingkungan yang cukup besar, karena keindahan alam yang dimilikinya yang dapat menggerakkan industri pariwisata bahari,” bebernya.

Saat ini kata dia, pemanfaatan potensi pesisir dan pulau-pulau kecil masih belum optimal, karena perhatian dan kebijakan pemerintah selama ini lebih masih berorientasi ke daerah daratan. “Jika pemerintah bisa fokus pengembangan ke daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, akan membawa pengaruh pada lingkungan sekitar,” sebut pria yang akrab disapa Samsun.

Selama ini lanjut dia, kegiatan pengelolaan pulau-pulau kecil yang tidak tertata menghadapi berbagai ancaman. Baik dari aspek ekologi seperti terjadinya penurunan kualitas lingkungan, pencemaran, perusakan ekosistem dan penangkapan ikan yang berlebihan (overfishing), maupun dari aspek sosial yaitu rendahnya aksesibilitas dan kurangnya penerimaan masyarakat lokal.

“Oleh karena itu, dalam mengantisipasi perubahan-perubahan dan ancaman-ancaman tersebut, pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu,” harapnya.

Kebijakan dan Strategi daerah terkait dengan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil diharapkan tidak hanya sekedar menjaga kelestarian lingkungan ekologis wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil semata, namun juga mampu meningkatkan kesejateraan masyarakat sekitar. (adv/hms6)


Dukung Pengembangan Wilayah Pesisir Secara Merata

Jumat, 29/06/2018

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.