Rabu, 04/07/2018

Empat Daerah Gelar Rekapitulasi Suara Pilgub

Rabu, 04/07/2018

Rekapitulasi Di Tingkat Kabupaten Kota Timur

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Empat Daerah Gelar Rekapitulasi Suara Pilgub

Rabu, 04/07/2018

logo

Rekapitulasi Di Tingkat Kabupaten Kota Timur

SAMARINDA - Tahapan Pilgub Kaltim masih terus berjalan. Sesuai jadwal, 4-6 Juli tahapannya perhitungan atau rekapituasi suara KPU kabupaten/kota. Di Kaltim, rekapitulasi sudah mulai berjalan terhitung, Rabu (4/7). Tak serentak. Berdasarkan laporan yang di terima KPU Kaltim ada empat daerah, Kabupaten Paser, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan.

"Sisanya akan menggelar pada 5 dan 6 Juli," kata Komisioner KPU Kaltim Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Rudiansyah kepada KoranKaltim.com, Rabu (4/7).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, dan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2018 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 maka tahapan, program dan jadwal rekapitulasi adalah; Rekapitulasi di tingkat PPK (kecamatan) pada tanggal 28 Juni sampai 4 Juli. Rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota pada tanggal  4 sampai 6 Juli dan rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi adalah pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2018.

Rudiansyah menyatakan sesuai laporan yang diterima KPU Kaltim, yang akan menggelar rekapitulasi pada Kamis, 5 Juli masing-masing Kabupaten Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Kota Samarinda, Bontang. Di hari terakhir sesuai jadwal menyusul Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan melaksanakan tanggal 6 Juli 2018.

Rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota merupakan proses menjumlah seluruh hasil rekapitulasi PPK meliputi Jumlah Daftar Pemilih, Jumlah Pengguna Hak Pilih, Jumlah Pemilih Pindahan, Jumlah Pemilih Tambahan lengkap dengan rincian Laki-laki dan perempuan. Kemudian merekap Jumlah Surat Suara yang diterima, Jumlah surat suara yang digunakan, jumlah surat suara rusak/keliru coblos. Dilanjutkan dengan merekap Jumlah Suara Sah dan Suara Tidak Sah, serta perolehan Suara setiap pasangan calon gubernur yang dilaksanakan pada 27 Juni lalu.

Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh KPU Kaltim, sebagian besar proses yang dilaksanakan hari ini berjalan lancar sesuai prosedur dan ketentuan peraturan. 

Rekapitulasi suara di Kabupaten Kutim dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Panwas, Ketua dan Anggota PPK se-Kutim dan seluruh saksi pasangan calon. 

Rekapitulasi diawali dari PPK Batu Ampar dan diakhiri oleh PPK Karangan sejak pukul 09.00-14.50 WITA di Hotel Royal Victoria Sangatta.

"Ketua KPU Kabupaten Kutim Fahmi Idris akan langsung mengantarkan hasil rekapitulasi hari ini kepada KPU Kaltim setelah selesainya rapat pleno bersama Ketua Panwas Kutim Andi Yusri dikawal Polres Kutim," kata Rudiansyah.

Dijelaskan dia hasil Rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota inilah yang akan menjadi dasar resmi dalam proses Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di tingkat Provinsi Kaltim yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2018 dengan mengundang Bawaslu Kaltim, seluruh Saksi Pasangan Calon, dan pihak-pihak terkait, untuk kemudian menetapkan perolehan suara setiap pasangan calon gubernur periode 2018-2023.

Rudiansyah menyampaikan selesainya rekapitulasi di tingkat Kabupaten Kota, maka KPU kabupaten/kota dapat langsung mengirimkan hasilnya kepada KPU Kaltim dengan memasukkan dokumen hasil dalam kotak suara yang terkunci dan tersegel.

"Dengan inilah kami sampaikan kepada masyarakat umum agar bersabar menunggu proses dan hasil ini sesuai dengan tahapan dan jadwal yang resmi dan prosedural. Kami berterimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Polri dan TNI,  Bawaslu dan Panwaslu, Para Pasangan Calon yang dapat mampu menciptakan suasana dan kondisi yang hingga saat ini kita masih aman dan damai, semoga suasana ini terjaga hingga akhir tahapan," kata Rudiansyah. (*)

Empat Daerah Gelar Rekapitulasi Suara Pilgub

Rabu, 04/07/2018

Rekapitulasi Di Tingkat Kabupaten Kota Timur

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.