Minggu, 19/08/2018

Faizal Husni Sahid, Mahasiswa Segudang Prestasi dari Bontang

Minggu, 19/08/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Faizal Husni Sahid, Mahasiswa Segudang Prestasi dari Bontang

Minggu, 19/08/2018

logo

BONTANG – Tak banyak yang tak tahu pastinya kalau Bontang saat ini memiliki mutiara indah yang deretan prestasinya mampu mengharumkan nama Kota Taman yang juga bisa memberikan motivasi dan semangat serta dorongan  bagi anak-anak lain di Bontang.

Dialah Faizal Husni Sahid, putra bungsu GM Umum PT Pupuk Kaltim Nur Sahid dan sang istri Endah Sri Wahyuni yang saat ini menetap di Jalan Bougenvil Nomer 11 PC 6 PKT, Kelurahan Belimbing.  Sang kakak pertama bernama Mustafa Husni Sahid , yang lulus akuntansi Universitas Indonesia tahun 2016 dan saat ini telah bekerja di E&Y sementara kakak kedua Faizal  masih kuliah semester 7 di Teknik Listrik Universitas Gadjah Mada.

Segudang prestasi berhasil diraih Faisal. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Faizal Husni Sahid berhasil menyumbangkan medali perak pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  (ONMIPA-PT) tingkat nasional tahun 2018. Even itu digelar Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada 4 - 7 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Pemuda  kelahiran Bontang, 27 November 1998 ini masih tercatat sebagai mahasiswa semester 3 di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan Telekomunikasi. Sewaktu SD, laki-laki yang akrab disapa Faizal saat kecil dan Husni saat kuliah ini, sudah mengukir prestasi di pelombaan bergengsi 02SN. Bersama tim satu regunya, ia berhasil menyabet juara 1 Lomba Catur Putra tingkat Provinsi Kaltim. Selain itu deretan prestasi lainnya adalah, Juara 2 Tahfiz Al-Quran se-SD-2 YPK Bontang, Juara 1 Tartil Al-Quran, Tingkat Kecamatan Bontang Barat di Masjid Baiturrahman, dan menjadi Finalis Sains KUARK se-Indonesia yang diselengarakan secara online.

Karena hobi catur, Faizal Husni kerap menjuarai lomba asah otak tersebut. Renang, fitness dan membaca komik kegemaran lainnya. Saat SMP Faizal kembali meraih juara catur antarpelajar se-Tangerang Selatan. Selain itu juga memperoleh medali emas OSN Bidang Fisika Tingkat SMP, menjadi The Best Teori OSN bidang Fisika Tingkat SMP, dan Juara 1 (Beregu)  Einstein Competition PIF Tingkat SMA di UNJ.

Sejak SD, berbagai even/lomba yang ia ikuti, atas inisiatifnya sendiri tanpa disuruh orang tuanya. Kegemarannya tersebut didukung penuh oleh kedua orang tuanya dengan memberikan fasilitas secara optimal. Faisal diajarkan orang tuanya, menang atau kalah itu tidak perlu dipikirkan, cukup berusaha semaksimal mungkin saat mengikuti kompetisi.

Kecintaannya akan fisika telah tumbuh semenjak dia SMP dan pada saat SMA. Selain memenangkan Medali Emas OSN bidang Fisika Tingkat SMA, Medali perak pada Indonesia Science & Mathematic Olympiad Challenge, Juara 1 pada Pekan Rakyat Fisika di Universitas Indonesia, Juara 1 Medspin FK UNAIR, dia juga berhasil terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam Asia Physic Olympiad (APHO) ke-25 tahun 2017 di Rusia dan International Physics Olympiad (IPHO) ke-48 2017 di Jogjakarta. Di mana dia mendapatkan Honorable Mention pada APHO 2017 dan Medali Perak IPHO 2017.

Atas pretasinya memenangkan medali perak pada IPHO 2017, Faizal Husni diapresiasi dengan beasiswa unggulan S1 dan S2 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk S1 ia gunakan berkuliah di ITB. Sementara S2, Husni berkeinginan melanjutkan di Amerika Serikat, untuk memperdalam bidang Telekomunikasi. Sementara di ahun 2018 ini Faizal Husni Sahid kembali meraih juara 2 dan mendapatkan medali perak pada ajang ONMIPA-PT Tingkat Nasional tahun 2018.

Sebagai orangtua, Nur Sahid selalu mendorong Faizal Husni untuk terus berprestasi selama kuliah di Jurusan Telekomunikasi ITB. Mengajarkan untuk jangan cepat puas dan selalu terus berusaha untuk berprestasi. Menurutnya, negeri ini sangat membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki prestasi guna menghadapi era disrupsi.  Dia juga berpesan kepada generasi muda Bontang, untuk memanfaatkan masa muda dengan berbagai kegiatan positif, dan buatlah target 5 tahun lagi, 10 tahun lagi ingin menjadi apa. dan mulai sekarang sudah bisa membuat action plan. 

“Dia kalau belajar lebih banyak di angan-angan, jarang mencatat di buku. Karena di zaman millenial ini, semua ilmu semua informasi sudah ada di internet, sehingga semua bisa dipelajari menggunakan e-book. Saya sekeluarga mohon doa restunya dari seluruh masyarakat Bontang untuk kelancaran apa yang dicita-citakan oleh anak kami, dan kami berharap akan banyak pelajar/pemuda Bontang yang bisa meraih prestasi tingkat Nasional dan Internasional,” ucap Sahid.

Sahid mengaku selalu mensupport anaknya untuk terus berprestasi selama kuliah di Jurusan Telekomunikasi ITB. “Jangan cepat puas ya Nak, jangan berhenti untuk berprestasi karena Negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang berprestasi guna menghadapi era disrupsi,” kata Sahid. (Adv)

Faizal Husni Sahid, Mahasiswa Segudang Prestasi dari Bontang

Minggu, 19/08/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.