Minggu, 28/10/2018

Yahya Anja: Perpustakaan Daerah Harus Mampu Ikuti Perkembangan Teknologi

Minggu, 28/10/2018

YAHYA ANJA

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Yahya Anja: Perpustakaan Daerah Harus Mampu Ikuti Perkembangan Teknologi

Minggu, 28/10/2018

logo

YAHYA ANJA

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Yahya Anja mengatakan dengan  semakin berkembangnya teknologi informasi, tentu sangat mempengaruhi sikap, perilaku dan cara masyarakat dalam mengakses informasi, termasuk mengakses bahan-bahan pustaka. Terkait hal tersebut dia berharap kepada penyelenggara Perpustakaan di Kalimantan Timur khususnya perpustakaan daerah agar mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju.  

“Dengan mengikuti perkembangan teknologi, perpustakaan akan tetap menjadi sarana yang sangat penting dan tidak di tinggalkan oleh masyarakat pemustakanya,” ucapnya.

Pasalnya, sebut dia, dengan berkembangnya teknologi informasi memudahkan akses informasi yang didapat oleh masyarakat. Hal tersebut terlihat dengan jelas ketidakseimbangan dari cara memperoleh informasi. Misalnya masyarakat yang ingin memperoleh informasi harus pergi ke perpustakaan umum sehingga harus melakukan perjalanan. Berbanding terbalik dengan mereka para pengguna informasi, yang tanpa harus berpindah posisi sudah bisa menikmati segala macam informasi yang dibutuhkan hanya dengan bantuan komputer atau smartphone yang sudah banyak beredar di abad ini.

“Saat ini, Mudahnya akses informasi dengan hitungan detik merupakan tantangan bagi pustakawan di era modern,” sebutnya. 

Namun, sebagai pengguna informasi masyarakat harus pandai-pandai memilih dan memilah mana informasi yang tepat bagi kita dan yang kita butuhkan. Terkadang terlalu banyaknya informasi yang tidak dapat diuji kebenarannya sehingga muncul istilah hoax. 

“Tugas pustakawan selanjutnya adalah menyajikan informasi yang tepat guna bagi pengguna serta membantu pengguna bagaimana cara menelusur informasi yang tepat,” tuturnya. (adv/*4)

Yahya Anja: Perpustakaan Daerah Harus Mampu Ikuti Perkembangan Teknologi

Minggu, 28/10/2018

YAHYA ANJA

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.