Selasa, 30/10/2018

Dewan Minta Kerjasama Soal Pengelolaan APT Pranoto Segera Dirumuskan

Selasa, 30/10/2018

Dahari Yasin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dewan Minta Kerjasama Soal Pengelolaan APT Pranoto Segera Dirumuskan

Selasa, 30/10/2018

logo

Dahari Yasin

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA- Anggota Komisi III DPRD Kaltim Dahari Yasin mengharapkan adanya pola kerjasama antara daerah dengan pemerintah dalam hal ini Angkasa Pura terkait pengelolaan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda.

Menurutnya, hal itu dinilai akan sebanding dengan “pengorbanan” Kaltim melalui alokasi anggaran tahun jamak Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim.

“Bagaimana melalui bandara ini bisa memberikan banyak manfaat bagi Kaltim. Khususnya bagaimana bisa menjadi sumber pendapatan daerah yang baru,” kata Dahri.

Posisi bandara ini, dinilai Dahri cukup strategis karena untuk wilayah Pulau Kalimantan sampai Sulawesi dengan pesawat regional jarak pendek atau biasa dikenal dengan ATR bisa menjangkau sampai 74 bandara. 

“Pak Jokowi sendiri sudah memberikan lampu hijau dengan membuka peluang kerjasama sebesar-besarnya kepada daerah untuk melakukan kerja sama terhadap bandara ini. Bahkan, tidak hanya itu pengembangan sejumlah sarana dan prasarana bandara juga kedepan dirancanakan ditambah,” sebutnya.

Politikus Golkar ini mencontohkan, seperti kerjasama antara Angkasa Pura dengan pemerintah daerah Banyuangi dengan menggunakan pola kerja sama pengelolaan aset. Artinya, aset daerah seperti tanah dan terminal di gunakan pihak Angkakasa Pura dalam bentuk sewa.

Ia menambahkan, antara kedua belah pihak tinggal merumuskan bagaimana pola kerjasamanya dan diharapkan sudah mendapat kejelasan hingga akhir tahun 2018. Pasalnya, di awal 2019 bandara APT Pranoto akan menambah rute penerbangan.

“Jangan sampai berlarut-larut, potensi 1, 5 juta orang per tahun yang mampu ditampung oleh bandara yang tergolong baru adalah potensi yang menjanjikan, terlebih direncakan terus dilakukan pengembangan,” harapnya. (adv/*2)

Dewan Minta Kerjasama Soal Pengelolaan APT Pranoto Segera Dirumuskan

Selasa, 30/10/2018

Dahari Yasin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.