Selasa, 13/11/2018

Kembangkan Kawasan Eks-Pelabuhan Jadi Pusat Wisata

Selasa, 13/11/2018

Edy Kurniawan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kembangkan Kawasan Eks-Pelabuhan Jadi Pusat Wisata

Selasa, 13/11/2018

logo

Edy Kurniawan

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Berencana mengembangkan kawasan eks-pelabuhan di Jalan Yos Sudarso Samarinda menjadi pusat wisata, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Edy Kurniawan mengaku telah mendiskusikan hal itu untuk nantinya dijadikan tempat wisata.

“Bahkan kajian tentang pemanfaatan daerah itu sudah lima kali dilakukan, kami sudah mendiskusikan ini dengan PT Pelindo sebagai mitra kerja kami. Usulan soal ini juga telah kami sampaikan kepada Pemprov Kaltim,” kata Politikus PDIP ini.

Tak ingin merahasiakan soal rencana baik tersebut, Edy menerangkan bahwa rencananya lahan yang akan dipakai adalah di seberang Masjid Raya. Edy menambahkan, soal rencana tersebut nanti salah satunya akan ada pusat kuliner, wahana bermain, hotel dan lain-lain. 

“Yang pasti harus ditata sebaik mungkin dan seindah mungkin. Penataan juga harus dari dua sisi, baik itu dari sudut pandang jalan raya maupun dari arah sungai. Keduanya harus sama-sama diperhatikan. Seperti Lampion Garden di tepi Sungai Mahakam, “wajah” lokasi itu hanya berada disisi jalan raya,” sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan selama ini kawasan di pinggir Sungai Mahakam dari titik pelabuhan hingga Jembatan Mahakam, Edy menilai estetika keindahan hanya didapat jika dilihat dari arah jalan raya. Padahal kini sudah ada kapal wisata, semestinya untuk mendukung wisata tersebut penataan dari arah sungai juga harus diperhatikan.

“Pengembangan wisata semacam ini tidak bisa setengah-setengah. Pengembangan wisata sangat diperlukan, sementara untuk mendukung pengembangannya secara optimal maka penataan wajah wisata juga wajib dipenuhi,” kata Edy. (adv/*3)

Kembangkan Kawasan Eks-Pelabuhan Jadi Pusat Wisata

Selasa, 13/11/2018

Edy Kurniawan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.