Jumat, 16/11/2018

Perpusataan Kaltim Harus Mampu Tingkatkan Minat Baca

Jumat, 16/11/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusianto

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Perpusataan Kaltim Harus Mampu Tingkatkan Minat Baca

Jumat, 16/11/2018

logo

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusianto

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rusianto berharap penyelenggaraan Perpustakaan di Kaltim mampu membentuk dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Sebab menurutnya, penyelenggaraan Perpustakaan di Kaltim sudah sangat mendukung dengan tersedianya layanan perpustakaan yang sesuai dengan standar.

Layanan tersebut pun diharapkan mampu mendorong animo masyarakat untuk mendayagunakan perpusatakaan.

“Dengan tingginya minat masyarakat untuk mendayagunakan perpustakaan akan menjadi poin yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk mendorong terbentuknya masyarakat gemar membaca,” katanya.

Politikus Partai Gerindra ini menyampaikan sebuah perpustakaan harus mempunyai beberapa fungsi strategis dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pertama, fungsi perpustakaan sebagai tempat pembelajaran seumur hidup.

Kedua, fungsi perpustaakan sebagai katalisator perubahan budaya. Ketiga, fungsi perpustakaan sebagai agen perubahan sosial. Keempat, fungsi perpustakaan sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah.

Sebuah perpustakaan pada prinsipnya juga harus memiliki beberapa kegiatan pokok. Pertama, mengumpulkan semua informasi yang sesuai dengan bidang kegiatan dan misi lembaganya dan masyarakat yang dilayaninya. Kedua, melestarikan, memelihara, dan merawat seluruh koleksi perpustakaan agar tetap dalam keadaan baik, utuh, layak pakai, dan tidak lekas rusak, baik karena pemakaian maupun karena usianya. Ketiga, adalah menyediakan untuk siap dipergunakan dan diberdayakan atas seluruh sumber informasi dan koleksi yang dimiliki perpustakaan bagi para pemakainya.  

“Dengan terpenuhi semua fungsi dan kegiatan tersebut, maka perpustakaan akan dapat membentuk masyarakat untuk gemar membaca dan belajar. Serta membentuk masyarakat yang cerdas sebagai modal utama untuk pembangunan bangsa dan negara,” ucapnya. (adv/*4)

Perpusataan Kaltim Harus Mampu Tingkatkan Minat Baca

Jumat, 16/11/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusianto

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.