Sabtu, 17/11/2018

Guru Harus Mengajar Sesuai Kompetensinya

Sabtu, 17/11/2018

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Guru Harus Mengajar Sesuai Kompetensinya

Sabtu, 17/11/2018

logo

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub mengatakan saat ini di Kaltim masih banyak ditemukan persoalan banyaknya guru yang mengajar tidak pada kompetensinya atau bidangnya. Misalnya, guru dengan latar belakang pendidikan matematika justru mengajar mata pelajaranlain.

Padahal, peran guru sangat menentukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Oleh sebab itu guru sebagai agen pembelajaran dituntut mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal.

“Ada guru yang latar belakang pendidikannya sarjana pendidikan bahasa Indonesia tetapi mengajar matematik, atau guru bahasa Inggris mengajar agama. Kondisi ini dinilai membuat dunia pendidikan sulit untuk maju dan berkembang,” tutur Rusman disela-sela rapat Komisi IV dengan Disdikbud Kaltim, belum lama ini.

Permasalahan ini menurut Rusman, sudah terjadi sejak lama. Lebih ironisnya lagi tidak jarang seorang guru mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Ini merupakan pekerjaan rumah pemerintah yang segera harus diatasi.

Menurutnya, guru merupakan profesi yang bermartabat, karena itu maka lahirlah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehingga sudah sewajarnya apabila guru memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing.

Ia menambahkan, pemerintah sudah saatnya berbenah dengan memperbaiki standar pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, hingga standar pembiayaan.

“Pola pembangunan mutu pendidikan harus dirancang sejak awal dengan target jangka pendek, menengah, dan panjang. Serta sudah seharusnya didukung melalui porsi anggaran yang memadai,” tuturnya.

Pasalnya, sumber daya manusia yang bermutu tidak lahir begitu saja, tetapi harus melalui suatu proses pendidikan yang berkualitas tinggi. Sebab itu kesenjangan mutu pendidikan yang disebabkan guru mengajar tidak pada bidangnya akan berdampak luas terhadap pembangunan dalam arti luas di masing-masing daerah. “Baiknya mutu pendidikan akan menciptakan generasi yang pandai dan profesional, ini yang harusnya dipahami dan menjadi prioritas pemerintah,” jelasnya. (adv/*4)

Guru Harus Mengajar Sesuai Kompetensinya

Sabtu, 17/11/2018

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.