Selasa, 27/11/2018

Atasi PMKS Tak Cukup Hanya DItangkap dan Diamankan

Selasa, 27/11/2018

Azhar Bahruddin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Atasi PMKS Tak Cukup Hanya DItangkap dan Diamankan

Selasa, 27/11/2018

logo

Azhar Bahruddin

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur masih harus terus mencari solusi untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kaltim kendati sudah ada peraturan daerah (Perda) mengenai hal ini. 

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kaltim Azhar Bahruddin  yang pernah turut dalam penggodokan perda tentang PMKS tersebut.

Menurutnya perda yang ada sudah sangat bagus sebagai acuan kabupaten/kota di Kaltim mengatasi PMKS. "Hanya memang untuk turut mendukung terlaksananya perda tersebut diperlukan upaya nyata, peran semua pihak untuk mengatasi masalah PMKS, diantaranya dengan memanfaatkan Satpol PP mengantisipasi dan mengamankan lokasi-lokasi strategis yang kerap dijadikan tempat PMKS berkumpul dan menjalankan profesinya," ungkap Azhar.

Untuk mengatasi masalah PMKS dibutuhkan keterlibatan lembaga agama, kementrian agama, tokoh-tokoh agama untuk bersama-sama memberikan pemahaman batiniah. "Mengemis itu tidak baik, menjadi PSK juga perbuatan zina yang dilarang. Anak-anak yang juga semestinya di jam belajar berada di sekolah justru berada dijalanan mengemis dan berjualan koran. sehingga memang upaya mengatasi PMKS tidak cukup hanya ditangkap dan diamankan saja. Mereka butuh diberikan pemahaman rohani sehingga tidak berulang," kata Azhar.

Memang permasalahan PMKS menjadi gemelut tersendiri bagi setiap daerah di Indonesia, hampir semua mengalami masalah ini terutama di kota-kota besar, Azhar pun menyayangkan adanya kesan gelandangan seperti anak jalanan maupun pengemis yang terkordinir. 

Karena itu, ia meminta kepada pihak terkait yang mengatasi masalah ini agar dapat bersikap tegas menghadapi orang-orang yang menjadikan pengemis sebagai ladang profesi mencari keuntungan dengan cara memanfaatkan mereka yang tak berdaya karena desakan ekonomi. "Kemungkinan para PMKS ini dari daerah asalnya hidupnya juga susah, sehingga upaya pemulangan ke daerah asal bukan satu-satunya solusi. Harus ada upaya komprehensif mengatasi PMKS," pungkas Azhar. (adv/*3)

Atasi PMKS Tak Cukup Hanya DItangkap dan Diamankan

Selasa, 27/11/2018

Azhar Bahruddin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.