Selasa, 04/12/2018

Keberlangsungan Hidup Nelayan Wajib Diperhatikan

Selasa, 04/12/2018

muspandi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Keberlangsungan Hidup Nelayan Wajib Diperhatikan

Selasa, 04/12/2018

logo

muspandi

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA- Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Muspandi mendorong Pemerintah Provinsi Kaltim untuk lebih memberikan perhatian kepada nelayan. Menurutnya nelayan wajib diberikan perhatian lebih oleh pemerintah, baik dari segi peningkatan infrastrukur maupun penambahan alat penunjang profesinya. “Hal itu sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup para nelayan. Secara umum,  keberlangsungan hidup dan usaha nelayan wajib dijamin karena peran mereka yang tidak kecil dalam membantu pemerintah dalam hal menghasilkan devisa,” kata Politikus PAN ini.

Menurutnya bantuan kepada nelayan bisa berbagai macam jenisnya. Bisa berupa alat tangkap ikan, mesin untuk pompa atau sampan, perbaikan terhadap tanggul tambak, pengadaan air bersih, pendidikan yang layak dan banyak lainnya.

Sementara itu, untuk menjamin bantuan itu bisa tepat sasaran, perlu adanya sinergi antar pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota terkait. Lalu, mensurvei daerah kawasan nelayan yang dirasa memang perlu bantuan. Selain itu perlu adanya verifikasi, mana yang benar-benar berhak menerima bantuan tersebut. Sarana yang diberikan oleh pemerintah diharapkan dapat meningkatkan produktivitas mereka sebagai nelayan. Setidaknya mereka tidak perlu lagi memikirkan untuk mengeluarkan uang membeli alat tangkap yang baru.

“Sangat banyak peran nelayan juga cukup krusial dalam meningkatkan nilai ekspor, menyediakan bahan baku industri, memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha. Juga menghasilkan protein hewani dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, serta mendukung pembangunan wilayah sambil memperhatikan kelestarian dan fungsi lingkungan hidup,” urai Muspandi. (adv/*3)

Keberlangsungan Hidup Nelayan Wajib Diperhatikan

Selasa, 04/12/2018

muspandi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.