Kamis, 06/12/2018

Eks Lahan Tambang Bisa Disulap jadi Objek Pariwisata

Kamis, 06/12/2018

Edy Kurniawan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Eks Lahan Tambang Bisa Disulap jadi Objek Pariwisata

Kamis, 06/12/2018

logo

Edy Kurniawan

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA -  Komisi II DPRD Kaltim akan mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim maupun Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengalihfungsikan lahan bekas tambang menjadi objek pariwisata. Menurut Ketua Komisi II DPRD Kaltim Edy Kurniawan, jika lahan bekas tambang tersebut dapat direalisasikan untuk dialihfungsikan menjadi objek pariwisata maka akan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kaltim maupun kabupaten/kota.

“Bisa diarahkan kesana, karena Jamrek (jaminan reklamasi) sudah ada dan reklamasi pasca tambang pun wajib, tinggal didorong perusahaan dengan digandeng pemerintah untuk menyulap lahan bekas tambang yang ada di Kaltim menjadi objek-objek pariwisata,” ucapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menyampaikan, rencananya alih fungsi lahan ini akan mudah direalisasikan jika diikuti dengan aturan sehingga perusahaan yang berkewajiban untuk mereklamasi lahan tambangnya bisa diarahkan untuk membuat objek pariwisata.

Untuk itu, DPRD Kaltim melalui Komisi IV dan Komisi II akan mengupayakan memasukan rencana alih fungsi lahan pasca tambang ini ke dalam salah satu pasal di Revisi Perda tentang Rencana Induk Kepariwisataan Kaltim 2016-2026. 

“Banyak daerah yang menjadi contoh alih fungsi lahan dari lahan pertambangan menjadi objek pariwisata, dan dari objek pariwisata tersebut jelas akan ada retribusinya yang tentu akan membantu mendongkrak PAD bagi Kaltim,” tuturnya.

Adapun objek wisata dari bekas lahan tambang  yang menjadi objek wisata yang terdapat di daerah di Tanah Air, yakni Bukit Jaddih di Bangkalan Madura, Brown Canyon di Semarang, Bukit Jamur di Gresik, Tebing Breksi di Jogja, Danau Kaolin di Belitung, Telaga Ngipik di Gresik, Bukit dan Danau Puthuk Krebet di Tulungagung, Lubang Tambang Mbah Suro di Sawahlunto Sumatera Barat, dan Danau Blingoh di Jepara. (adv/*4)

Eks Lahan Tambang Bisa Disulap jadi Objek Pariwisata

Kamis, 06/12/2018

Edy Kurniawan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.