Jumat, 07/12/2018

Dorong Perusda Bikin Air Minum Kemasan

Jumat, 07/12/2018

Veridiana Huraq Wang

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Dorong Perusda Bikin Air Minum Kemasan

Jumat, 07/12/2018

logo

Veridiana Huraq Wang

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Tak bisa dibantah jika Kaltim, provinsi yang dianugerahi banyak kekayaan alam. Salah satunya, sumber air bersih yang berada di beberapa wilayah. Sedianya kekayaan ala mini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pundi keuangan.

Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang mengatakan hal tersebut perlu dimaksimalkan sebagai sumber pendapatan asli daerah. Menurutnya, pemerintah provinsi dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota yang daerahnya terdapat potensi mata air bersih untuk membuat air minum kemasan.

“Bentuk kerjasama bisa dikelola perusahaan daerah, tinggal bagaimana pemerintah mendorong dengan  membuat perencanaan yang matang,”katanya. 

Pasalnya, pangsa pasar air minum dalam kemasan di Kaltim terbilang cukup tinggi. Selain itu, melalui pengolahan yang memenuhi standar layak dari berbagai segi termasuk kesehatan diharapkan akan mampu bersaing dengan produk lain di Indonesia.

Ia mencontohkan, seperti di daerah Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, terdapat Sungai Kalung yang berdasarkan hasil penelitian kualitas airnya layak dijadikan bahan baku air mineral kemasan. 

“Masyarakat membangun semacam penampungan alami, kemudian disalurkan ke rumah-rumah untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Setelah dinyatakan layak maka ini bisa menjadi potensi daerah kalau dimaksimalkan dengan serius,” ujarnya.

Selain itu, beberapa air terjun dan sumber mata air di gua yang terdapat di Kutim dan daerah lain juga memiliki potensi yang sama. “Kualitas air ditentukan dari kondisi lingkungan disekitarnya, sehingga dengan adanya perhatian dari pemerintah akan membantu kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Politikus PDIP ini menyebut, kemungkinan masih banyak mata air bersih di sejumlah daerah hanya saja belum terdeteksi dan tereksploitasi. Sebab itu penting dilakukan penelitian dengan melibatkan berbagai unsur termasuk tenaga profesional dibidangnya.

Dia menambahkan, melalui pembangunan pabrik air minum kemasan yang dikelola pemerintah akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di daerah pedesaan dan pedalaman. (adv/*2)

Dorong Perusda Bikin Air Minum Kemasan

Jumat, 07/12/2018

Veridiana Huraq Wang

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.