Minggu, 09/12/2018

Pengembangan Perumahan Harus Ramah Terhadap Alam

Minggu, 09/12/2018

Masykur Sarmian

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pengembangan Perumahan Harus Ramah Terhadap Alam

Minggu, 09/12/2018

logo

Masykur Sarmian

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Anggota Komisi III DPRD Kaltim Masykur Sarmian meminta segala rencana pembangunan di Kaltim harus ramah alam, tak terkecuali pembangunan perumahan yang juga dituntut lebih bersahabat dengan kawasan sekitar.

“Pembangunan perumahan semakin ekspansif ke arah pinggiran kota, tak sedikit yang mengekspansi hingga ke arah zona resapan air atau wilayah hutan kota. Memang jumlah penduduk Kaltim meningkat pesat, tentu saja akan dibarengi dengan permintaan jumlah hunian yang pesat pula. Namun, jangan sampai terlena dengan permintaan yang luar biasa jangan sampai mengabaikan aspek lingkungan,” ungkap Masykur.

Politikus PKS ini menambahkan, model pembangunan perumahan dengan konsep horizontal housing yang banyak memakan ruang merupakan realitas yang harus disadari bersama. Realitas ini menjadi salah satu penyebab hilangnya zona resapan air dan semakin tingginya limpasan air saat hujan.

Hingga kini pengembang perumahan di Kaltim sudah mencapai ratusan jumlahnya. Namun hanya beberapa diantaranya yang memperhatikan aspek lingkungan hijau dengan membangun tanpa menggunduli lahan. ”Hal ini penting untuk diperhatikan, karena penggundulan lahan menjadi perumahan merupakan salah satu faktor penyebab global warming, untuk wilayah Kaltim sangat berpotensi menjadi penyebab banjir,” ujar Masykur.

Oleh karena itu pemerintah juga harus lebih memperhatikan aspek jangka panjang dari hal ini. Setiap pengembang perumahan tidak boleh mengabaikan beberapa unsur penting dalam menjaga lingkungan.

“Pemerintah harus terus memberikan pemahaman lebih lanjut kepada para pengembang perumahan sebelum memberikan izin mereka. Bagaimana mengedepankan aspek jangka panjang yaitu tetap menjaga kelestarian lingkungan,” tutup Masykur. (adv/*3)

Pengembangan Perumahan Harus Ramah Terhadap Alam

Minggu, 09/12/2018

Masykur Sarmian

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.