Kamis, 13/12/2018

Jalur Antar Daerah Jadi Tumpuan Pembangunan

Kamis, 13/12/2018

Gamalis

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jalur Antar Daerah Jadi Tumpuan Pembangunan

Kamis, 13/12/2018

logo

Gamalis

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA- Akses jalur menuju ke daerah pinggiran kerap kali terlihat dalam keadaan rusak atau tak terurus. Padahal, jalur ini merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan daerah perkotaan  dengan daerah pinggiran lainnya, seperti jalur Samarinda-Bontang-Kutim-Berau, dan jalur lintas kota lainnya. Jalur lintas kota ini sangat sulit untuk dilewati terutama oleh mobil jenis kecil.

Menanggapi hal itu, Gamalis Anggota Komisi III DPRD Kaltim berharap agar pemerintah lebih gencar mengatasi kondisi tersebut.

"Kita semua pasti sudah memahami bahwa sebagaimana diketahui jalur lintas antar kota memang akses yang menjadi tumpuan untuk memudahkan perdagangan dan pendapatan. Tak bisa dipungkiri, peran vital akses jalan memang harus mendapat perhatian pemerintah pusat, provinsi, dan daerah lebih gencar lagi," ungkap Gamalis.

Banyak titik jalan yang jika hujan mengguyur, kerusakan semakin parah. Alhasil, banjir bercampur lumpur memenuhi media jalan sehingga distribusi barang terpaksa dihentikan. "Keluhan lainnya yakni, akses jalan yang buruk memaksa biaya angkut menjadi mahal. Mau tidak mau masyarakat harus tetap membeli. Bukan hanya akses jalan yang sangat buruk, transportasi udara yang menjadi satu-satunya alternatif masyarakat pedalaman untuk menjangkau daerah-daerah lain juga tidak layak dan sangat mahal biayanya," urainya.

Gamalis mencontohkan seperti jalur lintas kota Samarinda – Bontang – Kutim – Berau menjadi satu-satunya akses dalam hal perdagangan lintas kota. Ia menilai   jalur ini tak banyak berubah dari berpuluh-puluh tahun silam. Sudah seharusnya, jalur ini mendapat perhatian dalam hal perbaikan dan pelebaran jalan.

Keadaan seperti ini kerap kali ditemui diberbagai daerah lain seperti pinggiran dan perbatasan. Padahal, mereka juga merupakan warga Kaltim dan bagian dari NKRI. Mereka juga punya hak yang sama dalam hal merasakan nikmatnya akses jalan yang mulus. (adv/*3)

Jalur Antar Daerah Jadi Tumpuan Pembangunan

Kamis, 13/12/2018

Gamalis

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.