Senin, 17/12/2018

Beri Pendidikan Berkualitas untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Senin, 17/12/2018

Sandra Puspa Dewi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Beri Pendidikan Berkualitas untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Senin, 17/12/2018

logo

Sandra Puspa Dewi

 KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Keterbatasan layanan pendidikan yang dirasakan masyarakat Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah antara pemerintah pusat dan daerah, tak terkecuali pendidikan bagi anak-anak istimewa yang merupakan anak berkebutuhan khusus.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Sandra Puspa Dewi mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, baik itu mereka yang bersekolah di sekolah khusus maupun sekolah regular. “Masih ada anak-anak istimewa yang belajar di sekolah reguler karena keterbatasan layanan sekolah khusus. Sementara reguler yang terisi anak istimewa seperti mereka yang keberadaannya hingga ke pedalaman perlu dioptimalkan untuk dapat melayani anak-anak yang notabennya butuh layanan khusus,” ungkap Sandra.

Pendidikan anak istimewa berkebutuhan khusus jangan sampai dilupakan, karena bagaimapun mereka memiliki hak yang sama dalam menuntut ilmu pendidikan. ”Pendidikan tidak mengenal kondisi, bagaimanapun anak-anak berkebutuhan khusus harus mendapat perlakuan yang sama dengan anak normal. Jangan ada perbedaan, demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas,”  kata Sandra.

Tak hanya itu, para pendidik di sekolah-sekolah reguler juga perlu terus disadarkan untuk tidak membeda-bedakan siswa dalam layanan pendidikan. ”Mereka memiliki mimpi dan cita-cita yang sama dengan kita sebagai manusia normal. Hanya kondisi mereka yang membedakan, memang perlu penanganan khusus agar apa yang mereka impikan bisa kita bantu,” imbuhnya.

Beberapa desa di Kaltim tidak semua anak berkebutuhan khusus bisa mengakses layanan pendidikan karena jarak yang sangat jauh. Padahal kondisi itu tidak boleh menghalangi anak-anak untuk bisa bersekolah, sementara semangat belajar mereka tinggi. (adv/*3)

Beri Pendidikan Berkualitas untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Senin, 17/12/2018

Sandra Puspa Dewi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.