Sabtu, 22/12/2018

Dongkrak Usaha, UMKM Harus Adopsi Perkembangan Teknologi

Sabtu, 22/12/2018

sumber gambar : rmol

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dongkrak Usaha, UMKM Harus Adopsi Perkembangan Teknologi

Sabtu, 22/12/2018

logo

sumber gambar : rmol

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mengadopsi perkembangan teknologi, baik di sisi produksi maupun pemasaran untuk mendongkrak kualitas produksi.

Hal ini disampaikan  anggota Komisi II DPRD Kaltim Andika Hasan. Menurutnya,  mengadopsi perkembangan teknologi bertujuan mendongkrak omset pelaku usaha yang tidak cukup dengan memasarkan produk secara offline dengan memiliki gerai ataupun toko saja. 

“Lingkup pemasarannya akan terbatas pada konsumen yang melintasi atau berada di sekitar tempat usaha kalau hanya mengandalkan offline karena itu harus dibarengi dengan pemasaran online. Menggabungkan keduanya akan membuka pasar yang lebih luas,” kata Andika.

Pelaku usaha skala menengah ke bawah lokal harus lebih mengenal dan menguasai teknologi informasi karena saat ini, UMKM atau UKM harus sudah mengarah ke digital. Selain itu dengan menguasai teknologi informasi banyak keunggulan yang dapat membantu pengembangan usaha. Seperti promosi usaha bisa lebih hemat biaya, cepat dan gampang dikenal secara luas.

“Diharapkan pelaku industri bisa mengikuti kemajuan teknologi, memanfaatkan teknologi dengan baik karena dengan teknologi, pelaku UKM bisa menjaring konsumen lebih luas lagi,” papar Andika yang juga politisi PDIP ini. 

Tetap harus ada standar tertentu yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha kalau menggunakan teknologi informasi dalam mengembangkan usahanya, diantaranya memberikan informasi produk dengan lengkap, data sesuai produk dan tidak ada rekayasa yang bisa menghilangkan kepercayaan konsumen. 

“Selain itu, pelaku usaha juga harus memperhatikan kemasan produk yang dijual. Makin menarik kemasan makin baik. Jika produk yang dipromosikan tidak memenuhi standar tersebut, kemungkinan tidak akan dilirik lagi karena tidak bisa dipercaya,” ujar Andika. (adv/*4) 


Dongkrak Usaha, UMKM Harus Adopsi Perkembangan Teknologi

Sabtu, 22/12/2018

sumber gambar : rmol

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.