Kamis, 27/12/2018

Jadikan Lahan Eks Tambang Objek Wisata

Kamis, 27/12/2018

Ismail

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Jadikan Lahan Eks Tambang Objek Wisata

Kamis, 27/12/2018

logo

Ismail

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Solusi terbaik pemanfaatan lahan bekas tambang dikatakan Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ismail adalah mengubahnya menjadi kolam budidaya ikan dan objek wisata. Selain bisa menjadi tempat hiburan, bekas lubang tambang juga bisa dijadikan sumber pendapatan daerah.

POlitisi  Nasdem ini mencontohkan, seperti di Australia dimana negara itu membuat terobosan baru dengan menjadikan lahan bekas pertambangan emas sebagai objek wisata. “Pengunjungnya pun cukup banyak karena selain warga umum, mahasiswa lokal pertambangan juga menjadikan daerah itu menjadi tujuan wajib dalam studi mereka,” ujar Ismail.

Contoh lain seperti di Jawa Timur, PT Semen Gresik Tbk juga secara bertahap mengalihkan fungsi sebagian lahan bekas pertambangan menjadi areal perikanan. Kaltim juga bisa melakukan hal serupa. “Sehingga kubangan lahan pasca tambang tidak hanya dianggap sebagai pembawa petaka. Jika dimanfaatkan dengan baik, tentu hal itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya ketersediaan infrastruktur yang memadai, seperti melimpahnya air dan luasnya lahan yang ada,  tentu kawasan bekas tambang cukup potensial untuk digunakan sebagai pusat pemberdayaan dan pembudidayaan perikanan peternakan.

Untuk merealisasikannya, Ismail berharap pihak terkait maupun perusahaan dapat bekerjasama dengan warga setempat di areal dekat pertambangan dalam hal pengelolaan. Sehingga sedikit banyak akan membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

“Menjadikan lahan bekas tambang menjadi objek wisata dan areal perikanan tentu tidak bisa diterapkan disemuanya. Tapi, paling tidak menjadi salah satu opsi disamping beberapa opsi lainnya,” ucapnya.

Apalagi pelaksanaan kegiatan pertambangan berpotensi mengubah bentang alam dan fungsinya. Sehingga diperlukan adanya upaya untuk menjamin pemanfaatan lahan di wilayah bekas kegiatan pertambangan, agar dapat kembali berfungsi dan berdaya guna sesuai dengan peruntukannya. (adv/*4)

Jadikan Lahan Eks Tambang Objek Wisata

Kamis, 27/12/2018

Ismail

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.