Kamis, 27/12/2018

Sekolah Harus Bangun Mental Hidup Sehat Siswa

Kamis, 27/12/2018

Sandra Puspa Dewi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sekolah Harus Bangun Mental Hidup Sehat Siswa

Kamis, 27/12/2018

logo

Sandra Puspa Dewi

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Menghabiskan banyak waktu di jam belajar sekolah tentu menyita sebagian besar aktivitas aktif siswa sehari-hari. Untuk itu Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Sandra Puspa Dewi mendorong semua sekolah untuk menjadikan wadah belajar sekaligus wadah membangun pembelajaran hidup sehat bagi siswa.

Sebagai wadah belajar yang menyita cukup banyak waktu bagi anak, maka sekolah merupakan salah satu kunci mendidik anak untuk belajar hidup sehat. Sehat tak hanya dalam arti fisik namun juga psikis. Artinya bukan hanya pola hidup yang sehat serta lingkungan sekolah yang harus terjaga kebersihannya, mulai ruang kelas maupun lingkungan sekitar sekolah, namun psikologi para pendidik seperti guru di sekolah juga harus baik,” ungkap Sandra.

Sebagai tenaga pendidik di sekolah, dirinya berharap ada contoh yang bisa dijadikan teladan bagi murid-murid. Meski diakui, bahwa nilai-nilai pendidikan informal yang didapat di lingkungan rumah maupun tempat tinggal juga memberikan pengaruh. Namun dirinya berharap, melalui lingkungan sekolah murid mendapatkan teladan tentang bagaimana etika hidup sehat.

“Oleh karena itu guru-guru harus dapat menunjukkan contoh hidup sehat, mereka harus mampu menjadi teladan yang baik. Jangan sampai dilingkungan rumah pendidikan hidup sehatnya terjaga  namun disekolah justru mendapat contoh yang tidak baik, ataupun sebaliknya. Akan lebih baik jika keduanya terpenuhi,” urai Sandra.

Sementara itu, terkait keberadaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) pada setiap sekolah dapat berfungsi dengan baik. Inisiatif agar sekolah menyediakan kantin sehat juga akan memudahkan murid membeli makanan sehat. “Ketersediaan makanan sehat di lingkungan sekolah juga akan sangat membantu murid mengakses kebutuhan makanan yang berkualitas, sehingga kecemasan para orang tua kepada anak-anak mereka yang sebagian besar waktunya dihabiskan disekolah akan berkurang,” pungkasnya. (adv/*3)

Sekolah Harus Bangun Mental Hidup Sehat Siswa

Kamis, 27/12/2018

Sandra Puspa Dewi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.