Senin, 31/12/2018

Pengembangan Museum se-Kaltim Perlu Didukung

Senin, 31/12/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Martinus

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pengembangan Museum se-Kaltim Perlu Didukung

Senin, 31/12/2018

logo

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Martinus

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Martinus mengatakan sebagai salah satu bentuk menjaga dan melestarikan budaya serta menjaga bukti sejarah maka pemerintah perlu melakukan dukungan pengembangan museum se-Kaltim.

“Fakta menunjukkan tingkat kunjungan ke museum masih jauh dari kata ideal. Padahal sebagai salah satu tempat untuk mempelajari sejarah kebudayaan penting bagi masyarakat khususnya remaja dan anak-anak belajar langsung dengan mendatangi museum,” kata Martinus.

Sebagai daerah yang kaya dengan berbagai macam sejarah seharusnya Kaltim mampu menjaga dan melestarikan museum dengan tidak hanya menjadi sebuah tempat tujuan wisata saja melainkan mampu menampilkan berbagaimacam kekayaan daerah.

“Kaltim tidak hanya memiliki museum yang bernilai sejarah kerajaan saja  melainkan juga banyak hal seperti museum kayu tenggarong dan lainnya. Sejarah adalah salah satu harta yang tidak ternilai sehingga perlu dirawat dan dilestarikan dengan baik dari generasi ke generasi,” harapnya.

Politisi PDIP itu menyebutkan dengan mengandalkan pemasukan dari kunjungan saja pihak museum tidak akan mempu menampilkan sebuah tempat mempelajari sejarah yang representatif. Diperlukan sentuhan pemerintah baik kabupaten/kota dan provinsi.

Menurut dia, dengan memberikan perhatian kepada museum akan semakin meningkatkan minat setiap orang untuk berkunjung sehingga generasi penerus khususnya akan mampu terjaga dari arus moderenisasi yang kuat.

“Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah daerah dan provinsi dalam membangun sebuah tempat yang mampu mebuat setiap orang yang mengunjunginya untuk belajar tentang sejarah daerah tetapi juga sekaligus mampu mengembangkan dan berkontribusi terhadap kelestarian sejarah,” tegasnya.

Lebih kepada bagaimana masyarakat yang berkunjung baik dari lokal maupun luar daerah bahkan luar negeri tidak hanya melihat melainkan ikut mencintai dan berkontribusi dengan menampilkan kesenian baik musik hingga bagimana membuat seni kerajinan dengan melibatkan pengunjung.(adv/*2)

Pengembangan Museum se-Kaltim Perlu Didukung

Senin, 31/12/2018

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Martinus

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.