Selasa, 12/03/2019

Tak Diperhatikan Pemerintah, Kelompok Tani Bisa Gulung Tikar

Selasa, 12/03/2019

Sutrisno Toha

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tak Diperhatikan Pemerintah, Kelompok Tani Bisa Gulung Tikar

Selasa, 12/03/2019

logo

Sutrisno Toha

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Sejumlah kelompok tani di Kecamatan Tenggarong Seberang, dan Desa Jongkang Kecamatan Loa Kulu, mengeluhkan minimnya perhatian dari pemerintah disaat mereka ingin bertahan disaat impor beras dari luar Kaltim kian marak. Terkait hal ini, anggota DPRD Kaltim Suterisno Toha menyebut sudah beberapa tahun terakhir kelompok tani beraktifitas secara mandiri tanpa ada bantuan dari pemerintah. "Jatuh-bangun sudah sering dilalui oleh kelompok tani, belum lagi musim kemarau yang menyebabkan sulitnya berkembang untuk jenis pertanian dan perkebunan,"beber Suterisno.

Kondisi yang semakin terpuruk membuat sejumlah kelompok tani kesulitan untuk meneruskan usahanya, bahkan tidak sedikit yang kekurangan modal kemudian  memutuskan berhenti sementara dibidang pertanian. "Ada yang ingin melanjutkan dan memulai peternakan sapi akan tetapi terkendala modal. Sedangkan keinginan untuk melakukan pinjaman ke Bank, tidak sanggup cicilan perbulan dan agunan sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi," papar Toha

Politisi asal Gerindra itu menyebutkan jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa ada perhatian dari pemerintah maka lambat laun akan banyak kelompok tani yang gulung tikar, dan beralih ke profesi lain yang lebih menjanjikan.

Padahal pengembangan bidang pertanian merupakan salah satu penopang dari ekonomi kerakyatan sehingga akan mengurangi pengangguran bahkan akan membuat iklim perekonomian di daerah semakin kuat dan membaik.

Suterisno berjanji akan menindaklanjuti masalah ini dengan menyampaikannya pada rapat kerja komisi II dengan mitra kerja pemerintah daerah dalam hal ini instansi terkait agar mampu mendapat solusi penyelesaian. "Diharapkan nantinya apa yang menjadi aspirasi masyarakat bisa mendapat perhatian dari pemerintah," harap Suterisno.(adv/*2)

Tak Diperhatikan Pemerintah, Kelompok Tani Bisa Gulung Tikar

Selasa, 12/03/2019

Sutrisno Toha

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.