Kamis, 02/05/2019

Kaltim Potensial Kembangkan Tanaman Bawang, Bisa Penuhi Kebutuhan Lokal

Kamis, 02/05/2019

Ahmad Rosyidi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Potensial Kembangkan Tanaman Bawang, Bisa Penuhi Kebutuhan Lokal

Kamis, 02/05/2019

logo

Ahmad Rosyidi

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Harga sejumlah bahan pokok di pasar saat ini mulai mengalami kenaikan. Hal Ini terjadi setiap tahun saat menjelang Ramadan, selama Ramadan maupun menjelang lebaran. Misalnya harga bawang putih yang saat ini mengalami kelonjakan harga dari Rp 25 ribu, kini harganya mencapai Rp 120 ribu. 

Menanggapi kenaikan harga bawang tersebut, anggota Komisi II DPRD Kaltim Ahmad Rosyidi mengatakan sejatinya Kaltim masih memiliki potensi untuk pengembangan tanaman bawang. 

Disamping itu, perlu adanya perhatian dari pemerintah dalam penyediaan lahan bagi tanaman bawang merah dan bawang putih.  Pasalnya hingga saat ini Kaltim masih sulit untuk melepaskan ketergantungannya kepada daerah luar untuk memenuhi kebutuhan bawang. 

Guna mengantisipasi persoalan tersebut maka sudah sepatutnya pemerintah provinsi dan kabupaten/kota menciptakan lebih banyak lahan untuk tanaman bawang. 

Pasalnya, melalui penambahan lahan maka akan mendongrak produksi bawang yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal saja akan tetapi juga nasional. 

Selama ini, pasokan bawang paling banyak dari Pulau Sulawesi dan Jawa, maka sudah saatnya Kaltim mampu swasembada bawang.

 Jika dilihat secara geografis,aka sangat memungkinkan budidaya bawang.

Menurutnya, bidang pertanian dalam arti luas merupakan program prioritas pemerintah daerah selama beberapa tahun terakhir.

Oleh sebab itu, pengurangan lahan ekploitasi pertambangan sudah saatnya dibatasi, dan dengan pengalihan ke pengembangan beberapa komoditi yang dapat diperbaharui salah satunya bawang.

Banyaknya lahan tidur di sejumlah daerah jika itu bisa dimaksimalkan, maka selain akan berdampak terhadap peningkatan produksi bawang lokal, juga menggairahkan perekonomian di daerah-daerah.

Terutama bagi para petani yang selama ini menanam komoditi lain dan terus merugi maka bisa mencoba bawang.

Pada tahun 2013, pemerintah pernah menyiapkan 35 hektare di Kabupaten Paser untuk pengembangan bawang merah, hanya saja bagaimana program tersebut dilanjutkan dan penyebarannya diperluas, sebutnya. (adv/*4)

Kaltim Potensial Kembangkan Tanaman Bawang, Bisa Penuhi Kebutuhan Lokal

Kamis, 02/05/2019

Ahmad Rosyidi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.