Senin, 10/06/2019

Kuatkan Perangkat Desa Agar Bisa Mandiri

Senin, 10/06/2019

Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PDIP, Marthinus

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kuatkan Perangkat Desa Agar Bisa Mandiri

Senin, 10/06/2019

logo

Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PDIP, Marthinus

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Memberikan pendampingan bagi tiap-tiap desa di Kaltim secara bertahap dan berkesinambungan hingga benar-benar menjadi desa mandiri yang dapat diandalkan potensinya tentu menjadi harapan yang ingin diwujudkan. 

Hal itu disampaikan Marthinus, Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PDIP, Marthinus. Menurutnya untuk bisa menjadi desa yang benar-benar dapat diandalkan juga dibutuhkan perangkat desa yang ideal dan peningkatan kapasitas keberadaan perangkat desa untuk memacu daya saing.

Perlu penguatan kapasitas kepada perangkat desa yang ada, seperti kepala desa, sekretaris dan bendahara. Tak hanya itu, keberadaan masyarakat sekitar serta tokoh masyarakat yang ada juga ikut mendorong penguatan kapasitas desa itu sendiri. “Jangan hanya mengandalkan kemampuan otodidak dalam pengelolaan desa, pendampingan secara berkesinambungan sangatlah diperlukan. Berbagai bantuan lain juga harus diperhatikan dan diberikan oleh Pemprov Kaltim,” kata Marthinus

Diberikannya bantuan dana desa setiap tahun oleh pemerintah pusat, kesempatan itu harus dioptimalisasi penggunaannya.  “Dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman, baik secara birokrasi maupun pengelolaan yang baik dan benar. Dana desa juga semestinya memberikan feedback bagi daerah," ujar Marthinus.

Setiap anggaran yang diturunkan pusat dan menjadi hak desa untuk mengembangkan daerahnya sudah seharusnya memberi dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh warga. "Seperti kesejahteraan bagi warga, perangkat desa bersama warga maupun tokoh masyarakat bisa berjalan berdampingan bersama-sama mewujudkan pembangunan jangka panjang menjadi desa yang maju," pungkasnya. (adv/*3)

Kuatkan Perangkat Desa Agar Bisa Mandiri

Senin, 10/06/2019

Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PDIP, Marthinus

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.