Rabu, 12/06/2019

Pemerintah Didesak Atasi Problem Peralihan Kawasan Pertanian

Rabu, 12/06/2019

Muspandi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemerintah Didesak Atasi Problem Peralihan Kawasan Pertanian

Rabu, 12/06/2019

logo

Muspandi

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA-Berkurangnya kawasan pertanian di Kalimantan Timur menjadi perhatian serius Anggota DPRD Kaltim Muspandi. 

Peralihan kawasan pertanian menjadi pemukiman dan areal tambang batu bara dinilai sangat menghawatirkan. Peralihan lahan terkesan sangat mudah disebakan petani maupun pemilik lahan tak lagi dapat bergantung dari hasil pertanian mereka.

“Pemerintah harus tegas mengatasi problem ini, salah satunya perhatian khusus dan kebijakan tegas sesungguhnya merupakan faktor penting mencegah dan mengatasi berkurangnya lahan pertanian. Kebijakan bisa melalui peraturan daerah yang memihak di bidang pertanian dan melindungi kesejahteraan, pendapatan hingga kualitas pertaniannya,” kata Muspandi 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, banyaknya masalah akibat peralihan lahan seperti banjir hingga lubang tambang yang menelan korban, sangat membahayakan dan harus terus diatasi secara serius.

 Ia mencontohkan, daerah-daerah yang dulunya terkenal dengan pertanian dan perikanan seperti di Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, kini sudah tidak mengandalkan pertanian lagi disebabkan alih fungsi lahan.

Namun, politikus PAN menyakini masih banyak petani yang ingin terus menggeluti profesinya sebagai petani. Sehingga yang perlu menjadi perhatian bersama adalah keseriusan pemerintah melindungi mereka agar terus bertahan dan meningkatkan hasil pertaniannya. (adv/*3)

Pemerintah Didesak Atasi Problem Peralihan Kawasan Pertanian

Rabu, 12/06/2019

Muspandi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.