Rabu, 10/07/2019

Kaltim Perlu Tiru Jakarta Terkait Sektor Pertanian

Rabu, 10/07/2019

Mursidi Muslim

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kaltim Perlu Tiru Jakarta Terkait Sektor Pertanian

Rabu, 10/07/2019

logo

Mursidi Muslim

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA- Anggota DPRD Kaltim Mursidi Muslim mengatakan sudah saatnya Kaltim mencontoh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik DKI Jakarta dalam hal pertanian dalam arti luas.

Menurutnya, kendati Jakarta tak memiliki lahan pertanian akan tetapi mampu memenuhi kebutuhan sektor pangan lokal bahkan menjadi sumber pendapatan daerah yang cukup menjanjikan.

"Mencontoh terobosan program-programnya untuk bisa diadopsi di Kaltim bukanlah hal tak mungkin terlebih ditengah akan dibatasinya produksi batu bara untuk kebutuhan luar negeri yang akan berdampak pada APBD," katanya.

Seperti diketahui, BUMD DKI Jakarta yang bergerak di sektor pangan mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah Tahun 2018 sebesar Rp 448 miliar, melalui hasil penjualan seperti daging sapi beku, daging sapi dan ayam segar serta lainnya.

Adapun distribusi bahan baku didatangkan dari luar Jakarta melalui kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah. Salah satunya memaksimalkan penggunaan kapal ternak untuk mengangkut ternak dari Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Oleh sebab itu, Kaltim bisa memulai dari bisnis pupuk dan rumah pemotongan hewan. Pasalnya, kebutuhan lokal akan daging segar cukup tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga menjadi peluang besar dalam meningkatkan pendapatan daerah.

"Ini penting dan sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah provinsi karena persoalan pertanian seperti terus berkurangnya lahan pertanian dan kendala sarana  prasarana penunjang pertanian masih terjadi sehingga melalui sejumlah program trobosan diharapkan mampu menjadi solusi," jelasnya. (adv/*2)

Kaltim Perlu Tiru Jakarta Terkait Sektor Pertanian

Rabu, 10/07/2019

Mursidi Muslim

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.