Kamis, 25/07/2019

Genjot PAD, Dari Wujudkan Pelabuhan Bintang Lima hingga Wisata Sungai Mahakam

Kamis, 25/07/2019

Anggota DPRD Kaltim Edy Kurniawan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Genjot PAD, Dari Wujudkan Pelabuhan Bintang Lima hingga Wisata Sungai Mahakam

Kamis, 25/07/2019

logo

Anggota DPRD Kaltim Edy Kurniawan

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA--Anggota DPRD Kaltim Edy Kurniawan mendorong pemerintah provinsi meningkatkan PAD melalui peningkatan fasilitas terminal di eks Pelabuhan Samarinda Jalan Yos Sudarso menjadi Pelabuhan Bintang Lima. 

Hal itu, menurut Ketua Komisi II ini, bisa menjadi alternatif guna menambah PAD. Dia menilai dengan fasilitas sekelas bintang lima maka pelabuhan sebagai gerbang daerah akan mampu menambah nilai sebuah daerah. "Ide-ide semacam ini saya kira pemerintah bisa mempertimbangkan kedepannya. Sebenarnya jika mau bersungguh-sungguh Kaltim itu memiliki banyak potensi yang bisa digarap, jika eks pelabuhan Samarinda bisa bangun yang lebih baik, nantinya sekitar pinggir Sungai Mahakam hingga jembatan Kembar juga bisa ditata," kata Edy.

Edy juga mencontohkan, seperti di Sungai Mahakam saat ini sudah ada kapal wisata yang beroperasi. Sayangnya keberadaan kapal wisata masih belum didukung dengan penataan yang menarik di sekitar Sungai Mahakam.

 Padahal Edy meyakini bahwa wisata Sungai Mahakam sangat menjanjikan di bidang pariwisata Kalimantan Timur. Misalnya dengan menata menjadi pusat kuliner. "Hal ini bisa menjadi pembahasan yang menarik untuk dikembangkan dan diwujudkan, Pemprov bisa berkoordinasi dengan Pemkot Samarinda. Belajar dari daerah lain seperti Pontianak misalnya, mereka sudah sejak lama memanfaatkan potensi sungai mereka menjadi wisata yang menarik. Tentunya didukung penataan yang baik dan terjaga," sebut Edy.

Sudah saatnya Kaltim mengandalkan potensi wisata dan sepenuhnya secara perlahan tapi pasti beralih dari pengeksploitasian batu bara ke arah yang sifatnya jangka panjang. "Soal pertambangan itu sendiri yang kini harus dilakukan adalah bagaimana ke depannya jika ada masalah seperti korban lubang tambang dan sebagainya, tak ada lagi pihak yang saling lempar tanggung jawab. Bagaimana agar jelas, siapa yang wajib bertanggung jawab. Kita harus lakukan yang terbaik bagi daerah ini khususnya bagi warga Kalimantan Timur," pungkasnya. (adv/*3)

Genjot PAD, Dari Wujudkan Pelabuhan Bintang Lima hingga Wisata Sungai Mahakam

Kamis, 25/07/2019

Anggota DPRD Kaltim Edy Kurniawan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.