Senin, 02/09/2019

Persiapkan Ibu Kota Jadi Tugas Besar Kaltim

Senin, 02/09/2019

Anggota DPRD Kaltim Safuad

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Persiapkan Ibu Kota Jadi Tugas Besar Kaltim

Senin, 02/09/2019

logo

Anggota DPRD Kaltim Safuad

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Safuad mengatakan pelantikan anggota DPRD Kaltim periode 2019-2024 merupakan momentum dalam menyelesaikan pekerjaan rumah alias tugas besar yakni persiapan ibu kota negara (IKN) Indonesia.

"Gubernur sudah menyampaikan tentang agenda besar IKN diberbagai kesempatan termasuk waktu pelantikan anggota DPRD, artinya dibutuhkan peran dan kerjasama antara pemerintah dan DPRD dalam mempersiapkannya," kata Safuad.

Menjadi daerah yang ditetapkan menjadi IKN tidaklah mudah dibutuhkan kesiapan ruang wilayah yang memadai. Artinya, penyusunan tata ruang wilayah khususnya kabupaten/kota dan Kaltim perlu dievaluasi guna dilakukan penyesuaian. "Penetapan ruang wilayah hijau juga harus menjadi bagian penting yang harus diperhatikan terlebih persoalan banjir yang selama ini belum juga mendapatkan solusi. Wilayah serapan air harus diperluas," sebutnya.

Persolan infrastruktur khususnya jalan antar kabupaten/kota dan provinsi yang selama ini dikeluhkan berbagai pihak sudah harus menjadi prioritas untuk dibenahi dan dinilai perlu mendapatkan perhatian pemerintah pusat. Sebab, kondisi jalan yang masih jauh dari ideal di berbagai wilayah berimbas pada persoalan perekonomian yakni tingginya biaya angkut. Tak hanya itu, masalah kecelakaan juga bagian yang sulit dipisahkan dari buruknya badan jalan.

Politikus PDIP itu menyebutkan hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dan profesional sehingga ya memiliki daya saing tinggi.

"Persaingan dunia kerja dan usaha semakin ketat. Selain berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEAN) juga pengaruh dari urbanisasi IKN. PR bersama bagaimana menciptakan program pendidikan yang unggul dan memperbanyak pelatihan dan magang sesuai yang dibutuhkan dunia kerja," jelasnya. (adv/*2)

Persiapkan Ibu Kota Jadi Tugas Besar Kaltim

Senin, 02/09/2019

Anggota DPRD Kaltim Safuad

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.