Kamis, 12/09/2019

Kakao Bisa Jadi Komoditas Unggulan Mahakam Ulu

Kamis, 12/09/2019

Anggota DPRD Kaltim Marthinus

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kakao Bisa Jadi Komoditas Unggulan Mahakam Ulu

Kamis, 12/09/2019

logo

Anggota DPRD Kaltim Marthinus

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Dalam upaya mendongkrak pembangunan sektor nonmigas, Anggota DPRD Kaltim Marthinus mendorong dan medukung pemerintah melakukan upaya serius untuk mewujudkan kakao memiliki hak paten menjadi komoditas unggulan daerah.

Hal itu disampaikan Marthinus juga sebagai dukungannya menjadikan Kabupaten Mahakam Ulu sebagai salah satu daerah sentra penghasil tanaman kakao. 

Harapan tersebut sangat mungkin diwujudkan jika ada upaya serius, apalagi daerah tersebut sudah sejak lima tahun terakhir fokus mengembangkan kakao. "Setidaknya dimulai dari perhatian terhadap petani kakao, bagaimana agar mereka dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman kakao mereka. Harus ada upaya mendongkrak popularitas kakao didaerah tersebut, begitu pula daerah lain di Kaltim yang juga menghasilkan kakao," kata Marthinus.

Selain itu yang perlu dipikirkan adalah upaya memperluas area penanaman kakao dan Sumber Daya Manusia dibidang ini serta mencegah petani kakao merugi juga perlu diperhatikan. Jangan sampai produksi ditingkatkan namun kebingungan mau diarahkan kemana dan bagaimana setelah hasil produksi kakao dipanen, sehingga melakukan upaya mendongkrak nilai tambah hasil kakao juga sangat penting. 

"Yang pasti jangan sampai petani merugi, walaupun industri kakao sangat tergolong prospektif. Namun tetap harus diantisipasi, bahkan target ekspor harus bisa tercapai. Maka dalam hal ini teknologi untuk mendukung sentra penghasil kakao hingga menjadi kakao bernilai tinggi sangat diperlukan," pungkas politisi PDIP ini. (adv/*3)

Kakao Bisa Jadi Komoditas Unggulan Mahakam Ulu

Kamis, 12/09/2019

Anggota DPRD Kaltim Marthinus

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.