Selasa, 24/09/2019

Udara Belum Bersih, Masyarakat Diminta Tetap Gunakan Masker

Selasa, 24/09/2019

Syafruddin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Udara Belum Bersih, Masyarakat Diminta Tetap Gunakan Masker

Selasa, 24/09/2019

logo

Syafruddin

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA--Anggota DPRD Kaltim Syafruddin meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan terkait masih adanya kabut asap di wilayah Kaltim. Warga diimbau  tetap menggunakan masker sampai status udara kembali sehat.

Pasalnya ada berbagai penyakit yang dapat mengancam masyarakat karena terkontaminasinya udara akibat kabut asap ini. 

Salah satunya seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Walau penyebabnya adalah virus, paparan kabut asap yang intens dapat melemahkan kemampuan paru dan saluran pernapasan untuk melawan infeksi. Ini meningkatkan risiko seseorang terkena ISPA, terutama anak-anak dan lansia.

Kemudian asma. Salah satu penyebab asma ialah buruknya kualitas udara. Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan membawa partikel berukuran kecil yang dapat masuk ke saluran pernapasan dan mengganggu sistem pernapasan. 

Partikel itu dapat membuat asma muncul atau bertambah parah.

Selanjutnya, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau penyakit radang paru, salah satu jenisnya ialah bronkitis. Kabut asap dapat memperburuk kinerja paru-paru dan dalam jangka panjang dapat memunculkan PPOK.

Begitu juga penyakit jantung. Kabut asap mengandung partikel mini yang dikenal dengan PM2,5. Saking kecilnya, partikel ini bisa masuk ke saluran pernapasan. Jika terus-terusan terpapar, penelitian menunjukkan hal tersebut dapat mengembangkan risiko penyakit jantung dan stroke.

"Untuk itu kami meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada, jangan lengah dan terus menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah," imbaunya. (adv/*4)

Udara Belum Bersih, Masyarakat Diminta Tetap Gunakan Masker

Selasa, 24/09/2019

Syafruddin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.