Minggu, 29/09/2019

Dikuasai Jukir Liar, Budiono : Tertibkan dan Dibina

Minggu, 29/09/2019

Anggota DPRD Balikpapan, Budiono

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Dikuasai Jukir Liar, Budiono : Tertibkan dan Dibina

Minggu, 29/09/2019

logo

Anggota DPRD Balikpapan, Budiono

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Pengelolaan sektor perparkiran dirasa belum maksimal. Bahkan terus menuai sorotan. Termasuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Balikpapan.

Pasalnya, sektor yang potensinya digadang-gadang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini, justru banyak dikuasai oknum warga. Istilahnya parkir liar.

Anggota DPRD Balikpapan, Budiono angkat bicara. Menurutnya sudah ada Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2006 tentang Perparkiran. Dalam regulasi itu, jasa parkir bisa dikelola perseorangan atau swasta.

"Juru parkir yang katanya liar itu kan sebenarnya bisa digandeng, diberi pembinaan. Sistem pengelolaannya ya bagi hasil. Jadi tak sekadar ditertibkan saja," kata Budiono, Minggu (29/9/2019).

Selain mengacu pada ketertiban dan kenyamanan. Pengelolaan yang melibatkan juru parkir tentu bertujuan menambah PAD yang sesuai dengan regulasi. "Ada potensinya, jadi bina saja mereka," ucapnya.

Selain itu, menurut politikus PDI Perjuangan ini, bekerja sama dengan juru parkir juga tidak akan menghilangkan mata pencaharian. Justru dapat membuat Pemkot Balikpapan dinilai lebih arif dalam menerapkan kebijakan.

"Jika juru parkir taat, mau kerja sama, pendapatan pasti meningkat dengan sendirinya. Apalagi kan banyak parkir liar yang sebenarnya itu potensi PAD," sebutnya.

Sehingga ia kembali menekankan agar potensi itu benar-benar digali secara maksimal oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Begitu pula dengan parkir yang ada di pasar-pasar tradisional.

"Kan ada juga tuh parkir-parkir di restoran, pertokoan dan tempat lainnya yang selama ini dikelo perorangan. Mestinya itu bisa dikerjasamakan," sambungnya.

Sehingga ia meminta Dinas Perhubungan dan Satpol PP untuk melakukan penertiban terhadap juru parkir liar. Masyarakat pun diimbau untuk tidak mudah memberikan uang kepada mereka. Terlebih bila tidak ada karcis parkir.

"Kami tidak ingin ada unsur pemaksaan dalam membayar parkir, padahal itu parkir liar. Kami akan paggil Kepala Dishub dan Satpol PP agar persoalan ini direspon," tandas Budiono.

Penulis / Editor : Hendra

Dikuasai Jukir Liar, Budiono : Tertibkan dan Dibina

Minggu, 29/09/2019

Anggota DPRD Balikpapan, Budiono

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.